E-Modul Interaktif: Pengembangan Berbasis Kearifan Lokal dan Profil Pelajar Pancasila Kelas XI Materi Teks Argumentasi
Fisnia Pratami(1*), Nindy Devita Sari(2), Sulistina Akhodiyah(3), Diska Puspita Dewi(4),
(1) Universitas Nurul Huda
(2) Universitas Nurul Huda
(3) Universitas Nurul Huda
(4) Universitas Nurul Huda
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitaian ini mengembangkan e-modul interaktif berbasis kearifan lokal dan profil pelajar pancasila pada materi teks argumentasi kelas XI. Metode yang digunakan pada penelitian adalah Research and Development diadopsi dari teori ADDIE oleh Dick dan Carry terdiri dari 5 tahap di antaranya: 1) Analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation dan 5) evaluation. Penelitian ini sampai pada tahap ketiga karena pada tahap tersebut tujuan penelitian sudah tercapai. Instrumen penlitian berupa kuesioner skala likert yang dianalisis berdasarkan persentase yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif dinyatakan layak dan reliabel oleh validasi materi dan media untuk diterapkan dalam pembelajaran. Tanggapan guru memiliki nilai alpha lebih rendah tetapi secara standardize memenuhi kriteria layak. Respon siswa terhadap kemenarikan dengan beberapa komponen indikator kemenarikan dinyatakan menarik sehingga e-modul interaktif dinyatakan sangat menarik. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan di dalam pembelajaran.
Kata Kunci: e-Modul interactive; kearifan lokal; profil pelajar pancasila.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Ruly, Siska Andriani, and A. D. Yahya. "Effect of thinking aloud pair problem solving (TAPPS) method with audio visual media for students' critical thinking ability." International Journal of Trends in Mathematics Education Research 2.1 (2019): 31-33.
Biesta, Gert, et al. "Philosophy of education in a new key: Publicness, social justice, and education; a South-North conversation." Educational Philosophy and Theory 54.8 (2022): 1216-1233.
Chiou, Guo-Li, Chung-Yuan Hsu, and Meng-Jung Tsai. "Exploring how students interact with guidance in a physics simulation: Evidence from eye-movement and log data analyses." Interactive Learning Environments 30.3 (2022): 484-497.
Deviana, Tyas, and Nawang Sulistyani. "Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Matematika HOTS Beroerintasi Kearifan Lokal Daerah di Kelas IV Sekolah Dasar." Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 9.2 (2021): 158-172.
Dewa, Muhammad Dewa Zulkhi, and Ayu Astari. "Pengembangan E Modul Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk Sarolangun Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4.3 (2022): 866-873.
Fatmawati, Muhammad Rivaldi, and Suhaeni Suhaeni. "Development of Electronic Student Worksheets Based Local Potential to Enhance Students’ Science Learning Outcomes." JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA) 7.1 (2023): 56-71.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2023.
Karyada, I. Putu Fery, I. Putu Mahendra Adi Wardana, and Kadek Oky Sanjaya. "Pengembangan E-Book Tematik Integratif Berbasis Game sebagai Media Pembelajaran Kearifan Lokal dan Budaya Bali." KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) 11.1 (2022): 104-105.
Kementerian Pendidikan Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum, dan Perbukuan. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. 2011.
Kurniawan, Dwi Agus, and Suci Okta Piyana. "E-Modul etnokontruktivisme: implementasi pada Kelas V Sekolah Dasar ditinjau dari persepsi, minat dan motivasi." JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 21.2 (2019): 165-177.
Lubis, Mukhlis, Helmi Suryana Siregar, and Salman Alparis Sormin. "Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Adat Dalihan Natolu pada Mata Kuliah Sejarah Lokal." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4.5 (2022): 7231-7240.
Ningrum, Mardhiyati, and Rima Andriani. "Kurikulum merdeka belajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah." EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 5.1 (2023): 85-100.
Restianingrum, Indriana, and Isnawati Isnawati. "Development of E-Lkpd Based on Local Wisdom in Conventional Biotechnology Sub-Materials To Train Student’s Creative Thinking Skills." Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 12.1 (2023): 138-150.
Santoso, Gunawan, et al. "Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila." Jurnal Pendidikan Transformatif 2.1 (2023): 84-90.
Saputra, I. Gede Purwana Edi, Luh Sukariasih, and Nur Fajriah Muchlis. "Penyusunan modul projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) menggunakan flip pdf profesional bagi guru sma negeri 1 tirawuta: persiapan implementasi kurikulum merdeka." Prosiding Seminar Nasional UNIMUS l.5 (2022): 1941–1954.
Swandi, Ahmad, Siti Nurul Hidayah, and L. J. Irsan. "Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto (Halaman 20 sd 24)." Jurnal Fisika Indonesia 18.52 (2014).
DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v7i2.2165
Article Metrics
Abstract Views : 465 | PDF Views : 338Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.