Analisis Kebutuhan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual terhadap Bahasa Inggris
Galuh Raga Paksi(1*), Ismail Bambang Subianto(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Analisis kebutuhan merupakan langkah awal bagi tercapainya tujuan pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran bahasa Inggris, karena analisis kebutuhan menyediakan informasi mendalam sebagai acuan mengembangkan pembelajaran. Penelitian ini bermaksud melakukan analisis kebutuhan akan bahasa Inggris pada mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV). Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan kuesioner dengan melibatkan 138 mahasiswa DKV Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) yang dipilih secara acak sebagai responden. Data yang diperoleh kemudian diklasifikasikan berdasarkan tiga kategori bahasa Inggris untuk kebutuhan khusus: kebutuhan bahasa Inggris umum, kebutuhan bahasa Inggris untuk akademik, dan kebutuhan bahasa Inggris untuk pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal kebutuhan bahasa Inggris umum, menonton televisi dan film berbahasa Inggris merupakan kebutuhan yang paling penting, sementara bercakap-cakap dengan orang yang baru dikenal merupakan yang paling kurang penting. Dalam hal kebutuhan bahasa Inggris untuk akademik, mengerti perkuliahan dalam bahasa Inggris adalah kebutuhan yang paling penting, sementara membuat catatan perkuliahan adalah kebutuhan yang paling kurang penting. Adapun dalam hal kebutuhan bahasa Inggris untuk pekerjaan, bercakap-cakap dengan rekan kerja yang berbahasa Inggris adalah kebutuhan yang paling penting, sementara menulis memo atau laporan dalam bahasa Inggris adalah kebutuhan yang paling kurang penting
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ary, D., Jacobs, L. C., & Sorensen, C. K. (2010). Introduction to Research in Education Eighth Edition. Wadsworth: Cengage Learning.
Jager-Vaderwal, D. (2004). ADULT ESL: CURRENT COMMUNICATIVE APPROACHES. 8-37.
Johnson, E. (2009, Sep. 23). "English, First World Language." Encyclopedia of Bilingual Education". Retrieved April 10, 2012, from sage-ereference.com: http://sage-ereference.com/bilingual/Article_n101.html
Laborda, J. G. (2011). Revisiting Materials for Teaching Languages for Specific Purposes. The Southeast Asian Journal of English Language Studies – Vol 17.
Moore, K. D. (2005). Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice. London: SAGE Publications. Inc.
Nation, I., & Macalister, J. (2010). Language Curriculum Design. New York: Routledge.
Nunan, D. (2001). Syllabus Design. New York City: Oxford University Press.
Sari, R. K., Kuncoro, A., & Erlangga, F. (2019). NEED ANALYSIS OF ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES (ESP) TO INFORMATICS STUDENT. JEEL, 26-37.
Sulistio, P. H. (2016). NEED ANALYSIS OF ESP (ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES) FOR PHYSICS STUDENTS. Eduscience.
DOI: https://doi.org/10.30998/hn.v2i1.585
Article Metrics
Abstract Views : 490 | PDF Views : 939Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Galuh Raga Paksi, Ismail Bambang Subianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM
Human Narratives is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.