Analisis Sistem Tanda di Pusat Perbelanjaan berdasarkan Semiotika Charles Sanders Peirce



Riana Hoseani(1), Fenti Mariska Yohana(2*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Upaya menggunakan tanda-tanda visual berangkat dari pemahaman bahwa bahasa visual memiliki karakteristik khas yang dapat menimbulkan efek ketertarikan para pengamatnya. Hal seperti ini terkadang sulit disampaikan dengan bahasa verbal semata. Dalam studi ini, penulis meneliti tanda-tanda visual yang sering ditemukan pada pusat perbelanjaan. Kehadiran sistem tanda di ruang publik tersebut akan dianalisis menggunakan semiotika. Semiotika yang dipilih sebagai kerangka teoretis adalah semiotika Charles Sanders Peirce. Dalam Semiotika Peirce, semiotika didasarkan pada logika, karena logika mempelajari bagaimana orang bernalar, sedangkan penalaran dilakukan melalui tanda-tanda. Tujuan penelitian ini adalah menggali arti dari sistem tanda yang terdapat pada pusat perbelanjaan melalui semiotika Peirce.


Keywords


pusat perbelanjaan; semiotika Peirce; sistem tanda

Full Text:

PDF

References


Ambar. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi – Sejarah – Hakikat – Proses. https://pakarkomunikasi.com/pengantar-ilmu-komunikasi

Budiman, Kris. (2005). Ikonisitas Semiotika Sastra dan Seni Visual. Yogyakarta: Buku Baik

Chandler, Daniel. (2002). Semiotics: The Basic. New York: Routledge Taylor and Francis Group

Gorlee, Dinda L. (1994). Semiotics and the Problem of Translation: With Special Reference to the Semiotics of Charles S. Peirce. Amsterdam: Rodopi.

Kintan Safira Maydi dan Diah Agung Esfaandiari. (2018). ‘Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Karya Video klip “Baby Shark” dalam mempromosikan citra pejabat daerah Bima Arya Sugiarto di Kota Bogor.’ e-Proceeding of Management, 5(1): 1233-1250. https://core.ac.uk/download/pdf/299921343.pdf

Untung Yuwono dan Tommy Christomy. (2004). Semiotika Budaya. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI

Van Zoest, Aart & Panuti Sudjiman. (1993). Serba-serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.30998/hn.v2i1.578

Article Metrics

Abstract Views : 668 | PDF Views : 928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Riana Hoseani, Fenti Mariska Yohana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

 Creative Commons License

Human Narratives is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats