Elemen-elemen Iklan dalam Menyampaikan Pesan Komunikasi Iklan XL Berjudul 'Pesan Untuk Raka'



Edo Galasro Limbong(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract



Kreativitas merupakan suatu hal yang dibutuhkan dalam sebuah tayangan iklan, terlebih dalam tayangan iklan dalam bentuk audio-visual atau biasa disebut video. Kreativitas tersebut akan membuat khalayak merasa ingin menonton tayangan iklan tersebut. Selain ide cerita yang menarik, maka diperlukan juga suatu daya tarik untuk memaksimalkannya. Salah satu daya tarik dalam iklan adalah daya tarik emosional yang digunakan pada tayangan iklan XL yang berjudul PESAN UNTUK RAKA. Sehingga dengan menggunakan daya tarik emosional ini, iklan XL tersebut memberikan pesan komunikasi yang berkaitan dengan pandemi COVID 19 dan usaha yang telah dilakukan para tenaga kesehatan di Indonesia. Hal-hal tersebut disampaikan melalui ekspresi wajah, hingga kata-kata yang diucapkan dan ditampilkan dalam tayangannya. Iklan ini dikemas berupa short movie dalam waktu 8 menit 46 detik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan berbagai elemen iklan yang dapat digunakan dalam menyampaikan pesan komunikasi pada suatu tayangan iklan milik XL Axiata tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta teknik pengumpulan data pada penelitian melalui studi pustaka atau dokumen yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang ada di dalam buku hingga platform media sosial


Full Text:

PDF

References


Goenawan, F. S. (2018). Sikap Masyarakat Surabay Terhadap Iklan Indoeskrim Nusantara Versi Legenda Nusantara. E-Komunikasi, 6(1), 5.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129.

Hutapea, R. U. (2021). Rekor, India Catat 4.529 Kematian karena Corona dalam Sehari. Retrieved from https://news.detik.com/internasional/d-5574751/rekor-india-catat-4529-kematian-karena-corona-dalam-sehari

Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. (2015). Advertising (kedelapan). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Morissan. (2014). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: KENCANA.

Nugraheny, D. E. (2020). Perubahan Istilah OTG, ODP, PDP, dan Penjelasan Pemerintah. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/07/15/07531781/perubahan-istilah-otg-odp-pdp-dan-penjelasan-pemerintah?page=all

Nugroho, N. F. (2021). Perhatikan! Ini 9 Gejala Anda Mungkin Telah Terinveksi Virus Corona Tanpa Disadari. Retrieved from https://kesehatan.kontan.co.id/news/perhatian-ini-9-gejala-anda-mungkin-telah-terinveksi-virus-corona-tanpa-disadari?page=all

Pane, M. D. C. (2021). Virus Corona. Retrieved from https://www.alodokter.com/virus-corona

Pranita, E. (2021). Terbanyak di Asia, 647 Nakes Indonesia Meninggal akibat Covid-19. Retrieved from https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/28/141625123/terbanyak-di-asia-647-nakes-indonesia-meninggal-akibat-covid-19

Safitri, I. (2018). Strategi Kreatif Iklan Sprite 3 Versi. Jakarta.

Saptoyo, R. D. A. (2021). Update Corona Dunia 24 Mei: 5 Negara Kasus Teringgi| Lockdown di Sejumlah Negara. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/24/103000565/update-corona-dunia-24-mei--5-negara-kasus-tertinggi-lockdown-di-sejumlah?page=3

Septiani, A. (2020). Perjuangan Nakes Tangani Corona, Penuh Luka dan Genangan Keringat di APD. Retrieved from https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5131482/perjuangan-nakes-tangani-corona-penuh-luka-dan-genangan-keringat-di-apd

Suciatiningrum, D. (2021). Turut Berduka, Sudah 757 Tenaga Kesehatan Meninggal karena Covid-19. Retrieved from https://www.idntimes.com/news/indonesia/dini-suciatiningrum/757-tenaga-kesehatan-meninggal-karena-covid/3/full/1

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suhandang, K. (2016). Manajemen, Kiat dan Strategi Periklanan (Revisi). Bandung: Nuansa.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Velarosdela, R. N. (2021). Kilas Balik Kronologi Munculnya Kasus Pertama Covid-19 di Indonesia. Retrieved from https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/02/05300081/kilas-balik-kronologi-munculnya-kasus-pertama-covid-19-di-indonesia?page=all

WHO. (2020). Coronavirus Disease (COVID-19). Retrieved from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19#:~:text=symptoms




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v1i1.694

Article Metrics

Abstract Views : 1122 | PDF Views : 2756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edo Galasro Limbong



Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.