Analisis Elemen Visual Kemasan Indomie Goreng Edisi Ramadhan dalam Tinjauan Komunikasi Pemasaran
Nurhablisyah Nurhablisyah(1*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pada Maret 2021, Indomie mengeluarkan tampilan kemasan yang berbeda dari biasanya. Ilustrasi utama dalam kemasan itu adalah piring kosong bewarna hitam dengan teks “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa,” di tengah piring. Informasi ini pertama kali diumumkan di media sosial resmi Indomie dan menjadi viral. Beberapa situ daring nasional dan lokal juga memberitakan hal tersebut. Keputusan Indomie untuk merubah tampilan kemasan tidak terlepas dari strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen visual kemasan indomie goreng edisi Ramadhan dalam tinjauan komunikasi pemasara. Ada tiga fungsi utama kemasan, pertama adalah sebagai pelindung produk di dalamnya, kedua adalah sebagai identitas merek dan produk, ketiga sebagai bagian strategi komunikasi perusahan menyampaikan pesan-pesan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap perubahan kemasan Indomie menjelang Ramadhan. Data yang diperoleh didapat dari studi kepustakaan dan observasi di media sosial serta toko waralaba di sekitar Jakarta dan Bogor. Melalui elemen visual kemasan yang terbagi menjadi dua, elemen primer dan sekunder, mi instan ini berusaha menjadi berbeda namun tetap tidak meninggalkan identitasnya. Elemen visual kemasan primr terdiri dari informasi merek (nama dan tanda perusahaan), bentuk dan bahan kemasan, informasi terkait produk di dalamnya seperti label halal, nomor registrasi BPOM, komposisi, nilai gizi, waktu kedaluwarsa dan sebagainya. Sementara elemen sekunder terdiri dari warna, grafis, ilustrasi foto maupun gambar, teks dan tata letak. Jika elemen desain kemasan diintergrasikan secara maksimal bersama strategi pemasaran maka besar kemungkinannya untuk meningkatkan reputasi merek dan penjualan produk.
Keywords: Marketing Communication, Indomie packaging, Ramadhan
Full Text:
PDFReferences
Agariya, A. K., Johari, A., Sharma, H. K., Chandraul, U. N. S., & Singh, D. (2012). The Role of Packaging in Brand Communication, 3(2), 1–13.
Angeline, M. (2010). Cara Desain Kemasan Produk Mempengaruhi Respon Kognitif Dan Perilaku Konsumen. Humaniora, 1(2), 801–810.
Asih, R. W. (2021). Indomie Edisi Ramadan Bergambar Mangkok Kosong Sudah Ada di Pasaran, Ternyata Isinya Begini. Retrieved April 28, 2021, from https://www.tribunnewswiki.com/2020/04/23/indomie-edisi-ramadan-bergambar-mangkok-kosong-sudah-ada-di-pasaran-ternyata-isinya-begini
Bramasta, D. B. (2021). Twit Viral Indomie Edisi Ramadhan, Ini Kata Indofood. Retrieved April 28, 2021, from https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/14/102100565/twit-viral-indomie-edisi-ramadhan-ini-kata-indofood?page=all
Cenadi, C. S. (2000). PERANAN DESAIN KEMASAN DALAM DUNIA, 2(1), 92–103.
Fauziah, N. (2021). Penggemar Mie Instan Ngakak, Mangkuk di Kemasan Indomie Kosong Jelang Puasa. Retrieved April 28, 2021, from https://lifestyle.sindonews.com/read/386260/185/penggemar-mie-instan-ngakak-mangkuk-di-kemasan-indomie-kosong-jelang-puasa-1617523479
Firmansyah, M. A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran.
Ghoni, A., & Bodroastuti, T. (2012). Pengaruh Faktor Budaya , Sosial , Pribadi Dan Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen ( Studi Pada Pembelian Rumah di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang ) The Influence Of Factor Of Cultural , Social , Personality And Psychology On Customer Behavior S. Kajian Akuntansi Bisnis, 1–23.
Halim, M. R. (2021). Indomie Rilis Edisi Khusus Bulan Ramadhan. Retrieved April 28, 2021, from https://rri.co.id/humaniora/kuliner-nusantara/998865/indomie-rilis-edisi-khusus-bulan-ramadhan
Hussain, S., Ibrahim, M., & Noreen, A. (2015). Impact of Product Packaging on Consumer Perception and Purchase Intention, 10(2011), 1–10.
Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lestari, T. (2021). Viral Kemasan Indomie Piring Koson Edisi Ramadhan. Retrieved April 28, 2021, from https://www.tagar.id/viral-kemasan-indomie-piring-kosong-edisi-ramadan
Mudra, I. W. (2010). Desain Kemasan Produk. Denpasar.
Nurhablisyah, & Hadiprawiro, Y. (2013). Kabana, kantung belanja ramah lingkungan sebagai bagian dari green marketing. Deiksis, 5(2), 161–183.
Polyakova, K. (2013). Packaging design as a Marketing tool and Desire to purchase. Saimaa University of Applied Science.
Puspita, K. D., Martoyo, M. G. H., Wardhani, N., & al Ayyubi, R. S. (2014). Analisis strategi indofood di pasar internasional.
Sari, N. L. D. I. D. (2013). ELEMEN VISUAL KEMASAN SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PRODUK. Profetik, 6(1), 43–52.
Situmorang, A. P. (2020). Penjualan Perusahaan Pembuat Indomie Naik Menjadi Rp 23 T Selama Semester I 2020. Retrieved from https://www.merdeka.com/uang/penjualan-perusahaan-pembuat-indomie-naik-menjadi-rp-23-t-selama-semester-i-2020.html
Underwood, R. L. (2016). Packaging communication : Attentional effects of product imagery, (December 2001). https://doi.org/10.1108/10610420110410531
Wareza, M. (2020). Indomie Kebal Corona, Laba INDF & ICBP Melesat di Semester I. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/market/20200803174250-17-177167/indomie-kebal-corona-laba-indf-icbp-melesat-di-semester-i
DOI: https://doi.org/10.30998/g.v1i1.692
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nurhablisyah
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM
Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.