Patriarki Dan Femvertising: Eksploitasi Feminisme Sebagai Alat Kapitalisme Dalam Media



Mita Amelia(1*), Primi Rohimi(2),

(1) Universitas Pakuan Bogor
(2) Universitas Pakuan Bogor
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas fenomena femvertising, yaitu strategi pemasaran yang memanfaatkan nilai-nilai feminisme seperti pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender untuk mempromosikan produk. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana narasi feminisme dalam femvertising digunakan secara manipulatif oleh perusahaan untuk mendukung kepentingan kapitalisme. Data diperoleh melalui analisis narasi dan visual dari kampanye iklan yang mengusung tema feminisme, seperti "Real Beauty" dari Dove dan "Like a Girl" dari Always, serta ditinjau dalam kaitannya dengan praktik bisnis perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya dualitas dalam femvertising: di satu sisi, kampanye ini berhasil meningkatkan kesadaran tentang isu kesetaraan gender, namun di sisi lain, sering kali hanya menjadi alat untuk membangun citra positif perusahaan tanpa komitmen nyata terhadap nilai-nilai feminisme. Temuan juga mengungkapkan bahwa representasi perempuan dalam iklan cenderung homogen dan tidak inklusif, mengabaikan kelompok marjinal. Selain itu, terdapat kontradiksi antara pesan pemberdayaan dalam iklan dan praktik perusahaan, seperti ketimpangan gender internal dan eksploitasi tenaga kerja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun femvertising memiliki potensi untuk mendukung transformasi sosial, implementasinya sering kali lebih berorientasi pada keuntungan komersial daripada perubahan sosial yang berkelanjutan.


Keywords


femvertising; feminisme; kapitalisme media; patriarki

Full Text:

PDF

References


Israpil. (2017). Budaya Patriarki dan Kekerasan terhadap Perempuan. Jurnal Pusaka, 5(2), 111–123.
Kazaz, A., Akcan, B., & Gülerarslan Özdengül, A. (2023). The Concept of Femvertising as an Innovative Advertising Appeal. Proceedings of The World Conference on Social Sciences, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.33422/worldcss.v1i1.35
Mutiah, R. (2019). Sistem Patriarki Dan Kekerasan Atas Perempuan. Komunitas, 10(1), 58–74. https://doi.org/10.20414/komunitas.v10i1.1191
Odillia, L. (2020). Representasi Wanita Sebelum dan Sesudah Gerakan Femvertising Dalam Perawatan Tubuh. Deskovi: Art and Design Journal, 3(2), 83–91.
Samodra, B. P. (2020). Pengaruh Femvertising Terhadap Sikap dan Niat Berperilaku yang Dimoderasi Oleh Religius. Universitas Airlangga.
Sobari, T., Nurhayati, A., & Nurhayati, E. (2018). Kajian Feminisme Sebuah Eksploitasi Dalam. 398–407.
Umniyyah, Z., Wardhani, Y. K., & Rahayu, N. (2024). Representasi Keperempuanan dan Sistem Patriarki dalam Novel Tarian Bumi Karya Oka Rusmini. 4(3), 384–395.




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v4i2.3520

Article Metrics

Abstract Views : 68 | PDF Views : 29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mita Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM


View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

 

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.