Strategi Komunikasi Untuk Meningkatkan Penggunaan Aplikasi Layanan Sibadra Sebagai Sarana Aduan Masyarakat



Farah Zanuba(1*), Kandita Aulia Putri(2), Tia Aivarra(3),

(1) Universitas Pakuan Bogor
(2) Universitas Pakuan Bogor
(3) Universitas Pakuan Bogor
(*) Corresponding Author

Abstract


Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan konsep Public Sphere, tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui strategi dan dampak komunikasi berdasarkan teori Everett M. Rogers (1962): Model "The Diffusion of Innovations", dan hambatan strategi komunikasi dalam melakukan sosialisasi yang dilakukan oleh layanan SiBadra berdasarkan jenis hambatan dari Ruslan.  Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Layanan SiBadra sudah melakukan sosialisasi secara tatap muka sebanyak satu kali pada saat launching, dan kemudian sosialisasi tersebut dilanjutkan melalui media sosial tiap satu bulan sekali. Layanan Sibadra menggunakan beberapa tahap atau strategi komunikasi yang digunakan yaitu pertama inovasi, kedua komunikator, ketiga saluran komunikasi, keempat penerima, dan kelima waktu. Dampak setelah dilakukan sosialisasi yaitu semakin banyak masyarakat kota Bogor yang mengunduh dan menggunakan aplikasi Layanan SiBadra. Hambatan saat melakukan sosialisasi adalah adanya beberapa masyarakat kota Bogor khususnya orang tua yang tidak paham bagaimana cara mengunduh dan menggunakan aplikasi Layanan SiBadra. Untuk menanggulangi hambatan tersebut, Layanan SiBadra juga menyediakan opsi lain yaitu menggunan media Whatsapp agar mempermudah masyarakat yang kesulitan.


Keywords


Strategi Komunikasi, Humas, Layanan SiBadra

Full Text:

PDF

References


Angela, N. (2020). Sosiologi Sosialisasi. https://view.officeapps.live.com/op/view.aspx?src=https%3A%2F%2Flms-paralel.esaunggul.ac.id%2Fpluginfile.php%3Ffile%3D%252F280020%252Fmod_resource%252Fcontent%252F1%252FModul%25202%2520Sosiologi%2520Nofia%2520Angela.docx&wdOrigin=BROWSELINK
Artha, & Rachmatullah, M. R. (2021). Pentingnya Standar Pelayanan Publik. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13921/Pentingnya-Standar-Pelayanan-Publik.html
Bungin, B. (2021). Post-Qualitative Social Research Methodes Kuantitatif-Kualitatif-MIxed Methods (2nd ed.). KENCANA.
Dian Herdiana. (2018). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar. Stiacimahi.Ac.Id, 14(November), 13–25.
Irfaan, S. (2009). Jurgen Habermas : Problem Dialektika Ilmu Sosial. 3(1).
Panuju, R. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi dan Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. In Prenada Media. www.prenadamedia.com
Pengaduan SiBadra. (2019). https://diarpus.kotabogor.go.id/pengaduan/sibadra
Putra, F. F., & Damayanti, L. P. (2021). Ruang Publik Itu Bernama Media Komunitas (I. Saraswati (Ed.)). Combine Resource Institution.
Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Karimuddin, Aminy, M. H., Saputra, N., Khaidir, & Jahja, A. S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innavations. In Achieving Cultural Change in Networked Libraries (3rd ed.). The Free Press. https://doi.org/10.4324/9781315263434-16
Rosady, R. (2006). Manajemen Public Relatoins & Media. Raja Grafindo.
Tricana, D. W. (2013). Media Massa dan Ruang Pubik (Public sphere), Sebuah Ruang yang Hilang. Aristo, 1(1), 10–13. https://doi.org/10.24269/ars.v1i1.1538
Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye. Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v4i2.3024

Article Metrics

Abstract Views : 13 | PDF Views : 9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kandita Aulia Putri, Farah Zanuba, Tia Aivarra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM


View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

 

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.