Tranmisikomunikasi Melalui Retorika Media Pada Publikasi Iklan Scarlett Whitening



Nadya Bella Arthamevira(1*), Nina Yuliana(2),

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengupas penggunaan retorika media dalam iklan Scarlett Whitening dengan teori retorika media sebagai kerangka analisis. Fokus penelitian mencakup dua tujuan utama: pertama, mengidentifikasi elemen retorika dalam iklan Scarlett; kedua, mengevaluasi pengaruh retorika media terhadap efektivitas iklan tersebut. Metodologi yang digunakan adalah analisis konten kualitatif terhadap beberapa iklan Scarlett yang dipilih secara purposif. Temuan menunjukkan bahwa iklan Scarlett menggunakan berbagai elemen retorika seperti ethos (kredibilitas), pathos (emosi), dan logos (logika) untuk membangun narasi yang kuat dan meyakinkan, serta elemen retorika lainnya. Selain itu, penggunaan simbol visual dan naratif yang konsisten memperkuat pesan iklan dan meningkatkan daya tarik emosional kepada audiens. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa retorika media memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan daya tarik dan persuasi iklan Scarlett, yang berdampak positif terhadap citra merek dan niat beli konsumen. Studi ini berkontribusi pada pemahaman peran retorika media dalam strategi periklanan modern.

 

 

Keywords


Periklanan; retorika media; teori retorika; Scarlett Whitening

Full Text:

PDF

References


Aristoteles. 2010. The Rhetoric of Aristotle. New York: Cambridge University Press.
Bizzell, P., & Herzberg, B. 1990. The Rhetorical Tradition: Readings from Classical Times to the Present. Vintage Books A Division of Random House.
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga.
Littlejohn, Stephen W., and Karen W. Foss. 2009. Encyclopedia of Communication Theory. California: Sage Publication Ltd.
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail. 6th ed. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP Press Group.
Perloff, Richard M. 2017. The Dynamics of Persuasion: Communication and Attitudes in the 21st Century.




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v4i2.2962

Article Metrics

Abstract Views : 16 | PDF Views : 16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nadya Bella Arthamevira -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM


View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

 

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.