Strategi Iklan Kereta “Suites Class Compartment” KAI Dalam Semiotika Perspektif Roland Barthes
Falasifah Falasifah(1*),
(1) Paramadina University
(*) Corresponding Author
Abstract
PT. Kereta Api Indonesia mengalami revolusi yang signifikan dalam perkembangannya, melalui transformasi dari kereta yang tidak nyaman menjadi sarana transportasi yang nyaman dan berkualitas. Peningkatan jumlah pengguna kereta ini terutama dipicu oleh masalah kemacetan di sejumlah daerah. Dalam mengatasi tantangan tersebut, PT. Kereta Api Indonesia memperkenalkan Suites Class Compartment sebagai pengalaman baru dengan kenyamanan dan fasilitas unggulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pesan yang ingin disampaikan oleh PT. Kereta Api Indonesia melalui iklan "Suites Class Compartment." Dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini mengeksplorasi makna denotatif, konotatif, dan mitos yang terdapat dalam iklan tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di kanal YouTube Kereta Api Kita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. KAI berhasil memberikan pelayanan yang memenuhi kebutuhan konsumen dengan mempertimbangkan dimensi kualitas layanan. Iklan ini menjadi salah satu strategi komunikasi efektif untuk memperkenalkan Suites Class Compartment kepada masyarakat, terutama kalangan menengah ke atas yang mencari pengalaman dan kenyamanan utama dalam perjalanan jauh. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi iklan PT. KAI, serta konstruksi makna dalam Suites Class Compartment, yang melibatkan unsur semiotika dalam merancang pesan yang dapat memengaruhi persepsi konsumen terhadap layanan tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Amelia Herlia, Anisatul Auliya, and Diani Mustika Prianti. 2022. “Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Kualitas Layanan Iklan Tiket.Com Versi Senyum Pariwisata Indonesia.” Jurnal Sosial Humaniora Terapan 5(1). doi: 10.7454/jsht.v5i1.1020.
Muhammad, Alfitra Maharindra, Sanhari Prawiradiredja, and Irmia Fitriyah. 2018. “Corporate Value: Persona Pada Company Profile PT. Kereta Api Indonesia.” Jurnal Komunikasi Profesional 2(1):29–37. doi: 10.25139/jkp.v2i1.843.
Nashihuddin, W. 2020. “Pemaknaan Iklan Layanan Masyarakat ‘Bangga Beli Produk Kebumen–Lanting’ Dengan Metode Semiotika.” (May):1–14. doi: 10.13140/RG.2.2.28426.08646.
Nurhasanah Purba, and Khairunnisa Tambunan. 2021. “Semiotic Analysis of Roland Barthes on Wardah Advertisement Version ‘I Face of Indonesia.’” LingLit Journal Scientific Journal for Linguistics and Literature 2(3):113–26. doi: 10.33258/linglit.v2i3.511.
Sitanggang, Asima Oktavia. 2020. “The Meaning of Advertising ‘Aqua Life’ in the Semiotic Perspective of Roland Barthes.” International Journal of Multi Science 1(1):9–21.
KAI. (2023). [Kereta Suites Class Compartment KAI]. YouTube. https://www.youtube.com/@keretaapikita
KAI. (2023, Desember 22). Yuk intip kemewahan Kereta Suite Class Compartment Unggulan KAI. Kereta Api Indonesia. https://www.kai.id/information/full_news/5764-yuk-intip-kemewahan-kereta-suite-class-compartment-unggulan-kaiDOI: https://doi.org/10.30998/g.v4i1.2832
Article Metrics
Abstract Views : 87 | PDF Views : 81Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Falasifah Falasifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM
Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.