Efektivitas Pemanfaatan Fitur Chat Pada Market Place Shopee Sebagai Media Komunikasi Antara Pembeli Dan Penjual Parfum Taqwa
Faiz Athoillah(1*), Nuriyati Samatan(2), Fery Harianto(3),
(1) Universitas Gunadarma
(2) Universitas Gunadarma
(3) Universitas Gunadarma
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan fitur chat shopee sebagai media komunikasi antara pembeli dan penjual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan melibatkan 100 responden. Variabel (Y) dalam penelitian ini adalah media komunukasi antara pembeli dan penjual parfum taqwa, sedangkan variabel (X) adalah pemanfaatan fitur chat pada market place shopee. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada responden yang aktif sebagai followers dan pembeli parfum taqwa. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana penggunaan fitur chat dapat mempengaruhi komunikasi antara pembeli dan penjual. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi penting bagi pemasar, pengembang aplikasi, dan pengguna shopee untuk memahami pentingnya fitur chat dalam komunikasi antara pembeli dan penjual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldo, A. (2015). Penetapan Kadar Benzaldehid Pada Sampel Parfum “X” Dari 3 Toko Parfum Di Wilayah Surabaya Selatan. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(1), 1–11.
Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, April, 1–10. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206
Mulyana, D. (2001). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.
Samatan, N. (2018). Riset Komunikasi II. Gunadarma.
Sastika, W. (2018). Analisis Kualitas Layanan Dengan Menggunakan E-Service Quality Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shopee (Studi Kasus: Pelanggan Shopee Di Kota Bandung 2017). Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 69–74.
Sugiyono. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
DOI: https://doi.org/10.30998/g.v4i2.2615
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Faiz Athoillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM
Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.