Efektifitas Humor Joke Kodian Di Dalam Iklan OVO X Indomaret Endorser Kaka Dan Bimbim Slank



Renanda Adhi Nugraha(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Ovo dalam iklannya memakai dua personil Slank, Kaka dan Bimbim sebagai endorser-nya. Iklan ini menarik perhatian khalayak terutama di Twitter. Salah satunya Soleh Solihun seorang Komedian yang menyadari sedemikian cepatnya khalayak me-retweet iklan tersebut. Humor, yang selanjutnya akan kita sebut sebagai joke kodian, yang ada dalam iklan tersebut menarik perhatian untuk kemudian dibagikan oleh khalayak di media sosial. Kekuatan dari endorser Kaka dan Bimbim, juga pendekatan iklan dengan menggunakan joke kodian ternyata bisa membuat orang dengan sukarela untuk share (membagikan) iklan tersebut. AISAS dapat memberikan  penjelasan tentang fenomena ini


Keywords


Ovo; Slank; joke kodian; media sosial; AISAS

Full Text:

PDF

References


Satori, Djam’an. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Fiske, John. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi, Cetakan ke-2. Jakarta: Rajawali Press. Hakim, Budiman. (2005). Lanturan Tapi Relevan, Cetakan I. Jakarta: Penerbit Galang Press. Kertamukti, Rama (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran Sutherland, Max and Alice K. Sylvester. (2007). Advertising and The Mind of The Consumer. Jakarta: PPM Mulyana, Deddy. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Cetakan ke-17. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Sanyoto, Sadjiman Ebdi, (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan, Dimensi Press,Yogyakarta. Sugiyama, K and Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the World’s Most Innovative Advertising Agency. McGraw Hill. Suhandang, Kustadi. (2016) Periklanan: Manajemen, Kiat dan Strategi, Cetakan II (Edisi Revisi). Penerbit Nuansa Bandung. Sutherland, Max and Alice K. Sylvester, Advertising and The Mind of the Consumer: Bagaimana Mendapatkan Untung Berlipat Lewat Iklan yang Tepat. Jakarta: PT Gramedia 2005 Harian Umum Kompas, Sabtu, 18 November 2024 https://twitter.com/solehsolihun/status/1489083226802954248 diakses 3 Februari 2022 https://www.linkedin.com/company/visionetinternasional diakses 14 Maret 2022 https://bisnis.tempo.co/read/1549333/yakin-jadi-dompet-digital-paling-banyak-digunakan-ovo-ungkap-kekuatan-utamanya diakses 24 Maret 2022 https://indomaret.co.id/home/index/sejarah-visi diakses 25 Maret 2022 https://ovo.id/faq diakses 14 April 2022 https:/fintech.id/en/member/detail/224 diakses 14Maret 2022 https://hai.grid.id/read/073676939/daftar-lengkap-formasi-slank-1-14-sejak-1983 diakses: 14 Maret 2023 https://goodstats.id/article/penggunaan-dompet-digital-di-indonesia-kian-tinggi-dompet-digital-apa-paling-banyak-digunakan-0C7Nx diakses: 30 Maret 2023 https://facebook.com/slankband diakses 31 Maret 2023 https://facebook.com/SFCPUSAT/ diakses: 31 Maret 2023 https://twitter.com/SlankDotCom diakses 31 Maret 2023 https://youtube.com/watch?v=Q30mG_Jf_Eo (iklan OVO Slank) diakses 1 Juni 2023 https://tek.id/tek/ternyata-ini-3-karakteristik-utama-pengguna-twitter-b2fso9oZE diakses 26 Juni 2023 https://mediaindonesia.com/ekonomi/588218/jumlah-cashless-society-meningkat-uang-tunai-mulai-ditinggalkan diakses 27 Juni 2023 https://www.youtube.com/watch?v=bWEBjRkqvbI (Wawancanda Kaka dan Bimbim Slank) diakses 3 Februari 2022 https://twitter.com/abdelachrian/status/685302455781830658 diakses 28 Juni 2023




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v3i2.2480

Article Metrics

Abstract Views : 103 | PDF Views : 140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Renanda Adhi Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM


View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

 

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.