Pemulihan Sektor Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Pada Akun Instagram @Kemenparekraf.RI
Mohammad Sholahuddin Irsyad(1*), Sukma Ari Ragil Putri(2),
(1) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(2) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Pandemi Covid-19 memberikan dampak ke berbagai sektor kehidupan khususnya aspek sosial dan ekonomi. hadirnya media digital seperti Instagram memberikan pengaruh pada kebiasaan dalam berkomunikasi dan mengonsumsi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis konten akun Instagram @kemenparekraf.ri berdasarkan indikator pesan The Nine Block of Conversation Planner dan bentuk konten (gambar, video) serta megetahui unggahan yang memiliki nilai engagement rate paling baik pada periode bulan September 2021 – bulan September 2022. Konsep teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Marketing Public Relation. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis isi. Hasil menunjukan bahwa terdapat 1500 unggahan yang tergolong kedalam pesan The Nine Block of Conversation Planner pada unggahan akun Instagram @kemenparekraf.ri dengan rincian: avalanche about to roll (35,1%), personalities (34,3%), aspirations and beliefs (21,8%), seasonal/even-related (20,0%), glitz and glam (16,7%), David vs Goliath (9,6%), anxieties (8,4%), dan how-to (7,3%)., dan pemetaan berdasarkan jenis pesan dengan rincian : gambar (66,7%), video (34,7%), dan gambar & video bersamaan (1,4%).
Keywords
Full Text:
pdfReferences
DAFTAR PUSTAKA
Akbar, M. T., & dkk. (2018). Konten Akun Media Sosial Twitter Perpustakaan Universitas Perguruan Tinggi Di Indonesia. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, II(1), 41-49. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika
Fathurrahman, & Mayangsari, I. D. (2019). Analisis Pesan Foto dan Teks Akun Instagram #foodfestivalbandung Dalam Mempromosikan Event Wisata KUliner di Kota Bandung. E-proceeding of Management, VI(3), 6327. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/11066
Febrianti, M., & Huda, A. M. (2020). Pesan Kesehatan Mntal Pada Akun Instagram (Analisis Isi Akun @riliv). The Commercium, III(1), 1-5. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/35766 Gusti, A. Y. (2018, Januari-Juni). Membongkar Isi Pesan dan Media Dengan Content Analysis. Jurnal Alhadharah, XVII(33), 34. doi:https://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2370
Iqbal, M. (2021). Data Baru Covid RI, Kasus Aktif Hingga Kematian Turun Tajam. Jakarta: CNBC Indonesia. Retrieved Januari 4, 2023, from https://www.cnbcindonesia.com/news/20210929140734-4-280094/data-baru-covid-ri-kasus-aktif-hingga-kematian-turun-tajam
Kaplan, R. M., & Saccuzzo, D. P. (2009). Psychological Testing: Principle, Applications, and Issues. (J. Perkins, Ed.) Wadsworth: Cengage Learning.
Kelly, L. (2007). Beyond Buzz: The Next Generation of Word-of-Mouth Marketing. New York, United State of America: America Management Association.
Kemenparekraf. (2021, Juli 21). Outlook Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia. (C. C. Lab, Ed.) Studi Mengenai COVID-19, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, p. 68. Retrieved 09 28, 2022, from https://www.kemenparekraf.go.id/pustaka/Buku-Outlook-Pariwisata-dan-Ekonomi-Kreatif-2021
Lembaga Penjamin Simpanan. (2022). Sinergi Memperkuat Pemulihan Ekonomi dan Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan. Siaran Pers. Jakarta: lps.go.id. Retrieved Oktober 11, 2022, from https://lps.go.id/siaran-pers/-/asset_publisher/1T0a/content/sinergi-memperkuat-pemulihan-ekonomi-dan-menjaga-stabilitas-sistem-keuangan?inheritRedirect=false
Prakoso, D. H. (2020). Skripsi: Instagram Sebagai Media Informasi (Analisis Isi pada Akun Instagram @undercover.id). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/64632
Putri, V. K. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Media Online. Kompas.com. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/12/090000669/kelebihan-dan-kekurangan-media-online?page=all
Simarmata, H. M. (2019, Desember 2). Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Jurnal EK&BI, II(2), 189-201. doi:https://doi.org/10.37600/ekbi.v2i2.103
Surijah, E. A., & dkk. (2017). Membedah Instagram : Analisis Isi Media Sosial Pariwisata Bali. Jurnal Intuisi, IX(1), 2. doi:https://doi.org/10.15294/intuisi.v9i1.9560
Tanisang, M. D., Vidyarini, T. N., & Monica, V. (2020). Studi Komparatif: Analisis Isi Pesan Pada Posting Instagram E-comerce di Indonesia. Jurnal E-Komunikasi, 2-10. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/10020
We Are Social;Hootsuite. (2021). Digital 2021: Indonesia. DataRePortal. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
DOI: https://doi.org/10.30998/g.v3i1.1837
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mohammad Sholahuddin Irsyad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM
Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.