Analisis Naratif Buku Cerita Bergambar, Apakah Hewan Bisa Berjalan Di Atas Air



Nurhablisyah Nurhablisyah(1*), Rina Wahyu Winarni(2), Renanda Adhi Nugraha(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis naratif buku cerita bergambar berjudul Para Detektif Mungil, Apakah Hewan Bisa Berjalan di Atas Air? Buku ini merupakan buku yang ditulis oleh Cressida Cowell, seorang penulis terkenal asal Inggris. Buku ini merupakan hadiah bagi konsumen yang membeli paket Happy Meal McDonald di tahun 2019 sampai dengan 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan Teori Naratif dalam buku cerita yang dikemukakan oleh Bateman, di mana di dalamnya terdapat teks dan gambar. Dalam merancang buku cerita bergambar ada dua hal penting yang harus diperhatikan, pertama teks dan gambar serta unsur instrinsik. Unsur intrinsik cerita terdiri dari; penokohan, alur, seting tempat dan waktu, serta amanat. Dalam buku cerita ini, mengisahkan keluarga yang terdiri dari lima orang; yaitu ayah, ibu, Olly, Tyga dan Bo serta kumbang ungu. Mereka tinggal di rak buku raksasa. Jika ada hal yang ingin mereka cari, mereka mencarinya ke dalam buku dan membawa benang merah agar bisa kembai ke rumah mereka. Ide pembuatan buku ini bertujuan agar menumbuhkan minat baca pada anak dan keluarga. Elemen visual dalam buku ini adalah garis, bentuk tekstur, warna dan komposisi. Warna didominasi oleh warna hijau dan tekstur air. Hal ini disebabkan karena setting tempat umumnya terjadi di sungai. Cressida merupakan penulis yang telah menelurkan beberapa karya, melalui buku cerita setebal 26 halaman ini, ide cerita yang sederhana bisa dikemas dengan menarik melalui paparan konflik serta ilustrasi yang sesuai serta pemainan bagi pembaca di akhir halaman.


Keywords


Buku cerita bergambar; Cressida Cowel; Teori naratif; Unsur instrinsik; Elemen visual.

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2009). Research Design; Qualitative, Quantitavie and Mix Methode Approach (Third). Sage Publication Ltd.

Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Hladíková, H. (2014). Children’s Book Illustrations: Visual Language of Picture Books. CRIS - Bulletin of the Centre for Research and Interdisciplinary Study, 2014(1), 19–31. https://doi.org/10.2478/cris-2014-0002

Hudhana, W. D. (2015). Unsur Intrinsik Cerita Anak untuk Pendidikan Karakter Anak. Sastra, Pendidikan Karakter Dan Industri Kreatif, 307–313.

Hunt, P. (2002). Understanding Children’s Literature. In P. Hunt (Ed.), American Literature (Vol. 74, Issue 1, pp. 1–14). Routledge. https://doi.org/10.1215/00029831-74-1-191

Hutapea, E., & Enggar, H. (2019). 3 Hal Ini Jadi Penyebab Rendahnya Minat Baca Anak Indonesia. https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/10/15225581/3-hal-ini-jadi-penyebab-rendahnya-minat-baca-anak-indonesia?page=all

Karaman, A. (2012). The Analysis Of Visual Storytelling On Children’s Books. Department of Visual Communication Design, January 2012, 13. http://www.as8.it/edu/writing/GD494_karaman.pdf

Nugraha, I. S. (2015). Designing A Stroy ook as Narrative Reading Material Based On West Kalimantan Folktales. Teaching and Teacher Education, 12(1), 1–17. http://dx.doi.org/10.1080/01443410.2015.1044943%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.581%0Ahttps://publications.europa.eu/en/publication-detail/-/publication/2547ebf4-bd21-46e8-88e9-f53c1b3b927f/language-en%0Ahttp://europa.eu/.%0Ahttp://www.leg.state.vt

Nurgiantoro, B. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Saghir, S. (2019). the Role of Design in Picturebooks Meaning, Image-making & Typography (Issue April). https://doi.org/10.36074/logos-12.08.2022.13

Suminar, A. (2021). Pengamat : Minat Baca Indonesia Rendah, Budaya Tutur Lebih Tinggi. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/pengamat-minat-baca-indonesia-rendah-budaya-tutur-lebih-tinggi/

Trimansyah, B. (2020). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Vol. 1).




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v2i2.1572

Article Metrics

Abstract Views : 177 | PDF Views : 591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurhablisyah, Rina Wahyuwinarni, Renanda Adhi Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM


View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

 

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.