Analisis Komunitas Virtual Brand Tory Burch Lovers Indonesia Di Facebook Dalam Proses Keputusan Pembelian Tas
Berliani Ardha(1*), Dahlia Ardhana R(2),
(1) Universitas Mercu Buana
(2) Universitas Mercu Buana
(*) Corresponding Author
Abstract
Tory Burch resmi membuka butik kelimanya di Plaza Indonesia. Berada di Level 1 mal termewah di Jakarta pada 24-27 November 2021. Brand asal Amerika Tory Burch banyak diminati oleh konsumen tas mewah di Indonesia dan maraknya penipuan online shop maka muncullah komunitas-komunitas virtual yang mana banyak mengkhususkan pada brand tertentu, seperti Komunitas Tory Burch, Brand Coach, Michael Korrs, Kate Spade dan lainnya. Fungsi sosial komunitas virtual, masalah besar komunitas virtual lainnya adalah potensi komersialnya. Bahkan diskusi tentang potensi komersial komunitas virtual dimulai sedini diskusi tentang fungsi komunitas virtual. Perkembangan teknologi yang pesat hingga mendorong pemasaran berjalan lebih efektif, serta kemunculan internet menyebabkan perubahan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, Online Customer Review terdiri dari 3 dimensi yaitu: Kredibel, keahlian dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deksiptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran kepada pembaca dan mengungkapkan suatu masalah, keadaan, peristiwa, dan bagaimana adanya mengungkapkan fakta secara detail. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa katakata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Harga murah merupakan daya tarik utama para calon pembeli yang membeli secara online berharap mendapatkan harga terbaik dan barang yang asli banyak juga yang menjadi korban penipuan tas palsu. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya pajak masuk produk impor khusus nya yang berkatagori barang mewah cukup besar perbandingan harga nya dengan harga yang dijual dari negara asal merek Tory Burch yaitu Amerika Serikat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(2021, desember 2). Retrieved from Fimela.com: https://www.fimela.com/fashion/read/4726040/mewah-dan-elegan-tory-burch-luncurkan-butik-baru-di-plaza-indonesia
Ardha, B. (2014). Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi Volume 13, No. 01, Mei 2014: 105-120, 106.
Azis, I. (2019, June 21). Tirto.id. Retrieved July 20, 2019, from Tirto.id: https://tirto.id/tips-agar-tidak-tertipu-beli-kosmetik-secara-online-ecQr
Belch, G. E., & Belch, B. A. (2006). Advertising and promotion, an intergrated marketing communication perspective. McGraw-Hill/Irwin.
brilio.net. (202, March 5). brilio.net. Retrieved from https://www.brilio.net/selebritis/taksiran-harga-10-tas-amanda-manopo-di-ikatan-cinta-jadi-sorotan-2103043.html
CNBC Indonesia. (2020, July 27). CNBC Indonesia. Retrieved from cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/market/20200727172419-17-175758/penampakan-grafik-harga-emas-dari-rp-400000-ke-rp-900000
CNBC Indonesia. (2020, June 12). CNBC Indonesia. Retrieved from cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200612183135-4-165054/di-tengah-covid-19-ekspor-logam-mulia-ri-melonjak
CNBC.INDONESIA. (2009, July 6). CNBC.INDONESIA. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190706192628-33-83162/ini-4-tas-asli-paling-diincar-milenial-indonesia-mahal-gak
Consultancy.eu. (2020, November 19). Retrieved from https://www.consultancy.eu/news/5261/global-luxury-goods-market-rewinds-six-years-amid-corona-pandemic
Dharmmesta, B., & Handoko, T. (2008). Manajemen. Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. In Manajemen. Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen (p. 102). Yogyakarta: BPFE.
Filieri, R. (2014). What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences in e-WOM. Journal of Business Research, 1261-1270.
finance.detik.com. (2020, September 19). Retrieved from https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5179877/emas-apa-yang-paling-banyak-diincar-saat-pandemi
Fowler, J. H., & Christakis, N. A. (2008). Estimating Peer Effects on Health in Social Networks. Journal of Health Economics.
Goldsmith, R. &. (2006). Measuring Motivations For Online Opinion,Seeking. Journal of Interactive Advertising.
Hagel, J., & Armstrong, A. (1997). Net gain: Expanding Markets through Virtual Communities. In Net gain: Expanding Markets through Virtual Communities. Boston, MA: Harvard Business School Press.
Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: MEDPRESS.
Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok materi metodologi penelitian & aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Henning-Thurau, T. G. (2004). Electronic Word of Mouth Via Consumer Opinion Platforms: What motivates cutomers to articulate themselves on the Internet. Journal of Interactive Marketing, 38-52.
Herlinda, W. D. (2016, 03 September). Bisnis.com. Retrieved July 20, 2019, from Bisnis.com: https://lifestyle.bisnis.com/read/20160903/104/580965/tren-fashion-saat-orang-asia-makin-kuat-membeli-gengsi
Insertlive. (2021, October 13). Insertlive. Retrieved from Insertlive: https://www.insertlive.com/hot-gossip/20211013161733-7-245940/beli-tas-rp300-juta-melody-eks-jkt48-nyesek-dapat-barang-kw
Kartikawangi, D. (2011). Coporate and Marketing Communication. Jakarta: Litera ASPIKOM.
katadata. (2020, November 2020). katadata. Retrieved from https://katadata.co.id/ekarina/brand/5faa6013a3980/media-sosial-jadi-referensi-konsumen-membeli-produk-selama-pandemi
Kotler, P. (1997). Marketing Management. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). MARKETING 4.0 Moving from Traditional To Digital. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Kozinets, R. V. (1999). ”E-Tribalized Marketing?: The Strategic Implications of VirtualCommunities”. European Management Journal, 252-264.
Lucas, D., & Britt, S. (2003). Advertising Psychology and Research. In Advertising Psychology and Research. New York : Mc Graw-Hill.
Lusia Kus Anna. (2019, march 04). Kompas.com. Retrieved July 20 , 2019, from Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/04/04/091201220/produk-tas-coach-terlaris-di-indonesia
Megawati, N. (2018). “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Pembelian pada Online Shop (Studi Kasus : Pelanggan Online Shop Lazada pada Mahasiswa Feb Unila)” . Bandar Lampung.
Moh, N. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
money.kompas.com. (2020, October 30). Retrieved from https://money.kompas.com/read/2020/10/30/215500926/mengapa-emas-jadi-cara-berinvestasi-terbaik-saat-pandemi
Morissan. (2007). “PERIKLANAN, KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU”. Jakarta: Ramdina Prakarsa.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif : dalam Presfektif Rancangan Penelitian. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
PYMNTS.com. (2020, November 18). Retrieved from https://www.pymnts.com/news/retail/2020/covid-batters-luxury-goods-sales/
Shimp, T. A. (2014). Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion. Jakarta: Salemba Empat.
Soesatyo, B. (2019, April 2018). Detik.com. Retrieved July 20, 2019, from Detik.com: https://news.detik.com/kolom/d-3981811/generasi-milenial-dan-era-industri-40
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wolipop.detik. (2006, November 17). Wolipop.detik. Retrieved from Wolipop.detik: https://wolipop.detik.com/sale-and-shop/d-3348090/ladies-ini-tips-membeli-tas-branded-asli-di-online-shop.DOI: https://doi.org/10.30998/g.v2i2.1223
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Berliani Ardha, Dahlia Ardhana R

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM
Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.