Strategi Komunikasi Efektif Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMPN 64



Fitria Iswari(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Komunikasi sudah seperti pakaian bagi manusia, dalam kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan. Setiap orang pasti membutuhkan dan menggunakan komunikasi untuk berbagai macam tujuan. Namun untuk tercapainya komunikasi yang efektif harus didampingin oleh strategi komunikasi yang sesuai dan efektif. Salah satu tujuan pendidikan ialah pendidikan karakter, dimana siswa memiliki niali aka dirinya sendiri. Pembelajaran tatap muka langsung telah membuat siswa harus belajar beradaptasi dengan pembiasaan yang baru. Dimana awal pembelajaran angka ketidakhadiran hingga 80 siswa kemudian menurun ke angka duapuluhan. Oleh sebab itu hal ini menjadi menarik sehingga peneliti ingin melihat bagaimana guru melakukan strategi komunikasi efektif dalam pembentukan karakter siswa, Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi di dalam kelas, dan wawancara baik kepada Guru dan siswa. Dari data yang diperoleh guru menggunakan metode komunikasi informatif, persuasif, dan konstruktif., dan dilengkapi dengan metode nasehat serta pembiasaan. Dari strategi komunikasi efektif tersebut pembentukan karakter siswa terlihat dari, meningkatnya minat belajar, berkurangnya ketidakhadiran siswa, serta pembiasaan menyapa guru.


Keywords


strategi komunikasi; komunikasi efekti; pembentukan karakter

Full Text:

PDF

References


Cangara, H. H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka pelajar.

Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Hasan, Said, Hamid, dkk. 2010. (2010). “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa”, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Puskur Balitbang Kemendiknas.

Kesuma, D. dkk. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Rosda.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: serba ada serba makna. Kencana Prenada Media Group.

Megawangi, R. (2009). Pengembangan Program Pendidikan Karakter Di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. Indonesia Heritage Foundation.

Pambayun, E. L. (2012). Communication quotient. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi ( Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Sholihah, I. (2022). Strategi Komunikasi Guru Dalam Mewujudkan Akhlaq Luhur. 3, 1–15.

Sumirat, L. A. (2014). Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 21–29.

Yusuf, A. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. UNP Press.

Yusuf, P. M. (2010). Komunikasi instruksional teori dan praktik. PT Bumi Aksara.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v2i1.1033

Article Metrics

Abstract Views : 1203 | PDF Views : 1591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitria Iswari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.