Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA Negeri 7 Kabupaten Tangerang
Mohammad Hasan(1*),
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray (TSTS) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil analisis data penelitian posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui uji-t menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,001 dengan taraf signifikasi Sig. (2-tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Hα diterima. Dampak dari penerapan model TSTS ini berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa karena siswa terlibat langsung dalam pembelajaran berbasis diskusi. Sedangkan sebelum dilakukan penelitian ini siswa masih menggunakan metode ceramah sehingga hasil belajar siswa rendah. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran TSTS terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI.
Kata kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar Sejarah
Full Text:
PDFReferences
Arthaningsih, N.K.J. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2): 25–32. Chalimi, I.R. 2024. Problematika Pembelajaran Bermuatan Materi Sejarah Lokal di SMAN 6 dan SMAN 8 Kota Pontianak. Jurnal Kependidikan, Tersedia di https://jurnaldidaktika.org. Kurniawan, A. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. I ed. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Kusnadi 2018. Metode Pembelajaran Kombinasi. Jawa Barat: Edu Publisher. Latief, J.A. 2015. Manusia, Filsafat dan Sejarah. Jakarta: Bumi Aksara. Nuryadi, Astuti, T.D., Utami, E.S. & Budiantara, M. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA. Shoimin, A. 2020. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Sugiyono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Susanto, H. 2011. Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran). Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Triyono 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. II ed. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Widiantono, N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3): 199.
DOI: https://doi.org/10.30998/je.v5i2.3296
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Sejarah
Universitas Indraprasta PGRI
Address:
Journal of Social Sciences and Humanities is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.