(1) Temasek Independent School (*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini dilatarbelakangi oleh materi sejarah yang diajarkan di sekolah saat ini cukup beragam dan tidak hanya menggunakan kurikulum 2013, seiring banyaknya sekolah yang menggunakan kurikulum internasional seperti Kurikulum Cambridge, Kurikulum Pearson Edexcel, dll. di kota-kota besar. Materi sejarah yang diajarkan adalah sejarah dunia. Dari materi sejarah yang telah diajarkan terdapat irisan materi antara yang diajarkan pada kurikulum internasional dan kurikulum 2013. Maka berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah: 1. Bagaimana Tujuan Pembelajaran dari Materi Sejarah Global?; 2. Bagaimana isi materi sejarah yang dibahas pada kurikulum internasional dan kurikulum 2013?; 3. Apakah terdapat irisan materi sejarah global pada kurikulum internasional dan kurikulum 2013?. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dari dokumen kurikulum Internasional dan dokumen dari kurikulum 2013.
Keywords
Sejarah Global, Kurikulum Internasional, Kurikulum 2013