Ragam Metode Pembelajaran Kontekstual untuk Pembelajaran Sejarah
Okta Evitasari(1*), Yusuf Budi Prasetya Santosa(2),
(1) SMK Islam Wijaya Kusuma
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan beberapa metode pembelajaran kontekstual yang dapat diterapkan pada pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan, dimana sumber yang digunakan adalah buku dan jurnal penelitian. Hasil penelitian ini ialah metode penelitian kontekstual yang dimaksud ialah secara operasional, dimana indikatornya ialah dalam proses pembelajaran peserta didik diberikan ruang yang cukup sehingga dapat terlibat secara aktif. Terdapat beberapa metode pembelajaran kontekstual, seperti metode pembelajaran tanya jawab, metode pembelajaran inkuiri dan metode pembelajaran diskusi. Keberhasilan metode pembelajaran kontekstual sangat bergantung kepada kemampuan guru sejarah dalam menerapkannya dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. In Progresif dan Kontekstual, Jakarta: Kencana.
Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940
Budi, Y., Santosa, P., & Hidayat, A. (2022). Penanaman nilai demokrasi melalui pembelajaran IPS. 09(02), 192–204.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, cet. ke-4. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ginting, A. (2008). Esensi Praktis belajar dan pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Kamarga, H., & Kusmarni, Y. (2012). Pendidikan Sejarah untuk manusia dan Kemanusiaan. Jakarta: Bee Media Indonesia.
Landoy, A., Popa, D., & Repanovici, A. (2020). Teaching Learning Methods. 137–161. https://doi.org/10.1007/978-3-030-34258-6_10
Leo, A., & Suryani, N. (2012). Strategi Belajar Mengajar. In Yogyakarta: Penerbit Ombak. Ombak.
Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maria Magdalena. (2018). KESENJANGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN CONVENTIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PANCASILA DI PROGRAM STUDI TEKNIKA AKADEMI MARITIM INDONESIA MEDAN. Jurnal Warta Edisi, 5(2).
Muhamad Afandi, Evi Chamalah, Wardani, O. P. (2013). MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. UNISSULA PRESS.
Mukrimaa, S. S. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran. 212.
Murti, H., & Krisdianto, J. (2010). Peran Penting Metode dan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah dalam Pemahaman Materi Pelajaran Sejarah. In Psiko Wacana (Vol. 9, pp. 9–14). https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/7349/2/
Retnoningsih, S. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang: CV. In Widya Karya.
Roestiyah, N. . (1986). Didaktik Metodik. Bina Aksara.
Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar.
Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. senayan.iain-palangkaraya.ac.id
Santosa, Y. B. P., & Irawan, H. (2020). Pembelajaran Sejarah dan Kebebasan Berpikir. Chronologia, 2(2), 79–87.
Sugiyono, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suryani, T., & Rahayu, E. M. (2018). Modul PKT. 04 [Metode Pembelajaran]. 0–36.
Syaodih, N. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Bumi Aksara.
Yamin, M., & Ansari, B. I. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Referensi. GP Press Group.
DOI: https://doi.org/10.30998/je.v3i1.1309
Article Metrics
Abstract Views : 843 | PDF Views : 783Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Sejarah
Universitas Indraprasta PGRI
Address:
Journal of Social Sciences and Humanities is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.