Pelatihan Guru dalam Penyusunan Soal Bahasa Indonesia berbasis HOTS di Sekolah MI Muhammadiyah 01 Ciputat Timur



Lutfi Lutfi(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelatihan guru dalam penyusunan soal bahasa Indonesia berbasis HOTS di MI Muhammadiyah Ciputat. Salah satu perubahan kurikulum terbaru yang diterapkan di Indonesia, yaitu kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pemahaman yang baru kepada guru-guru MI Muhammadiyah yang seirama dengan amanah pemerintah yang tertuang dalam kurikulum. Penilaian yang dibuat oleh guru hendaknya menyesuaikan dengan hal tersebut yaitu berbasis HOTS. Hal ini harus membuat siswa mampu berpikir kritis dan kreatif. Mengetahui pentingnya hal tersebut dan berdasarkan hasil survei maka dilakukan pengabdian masyarakat. Dalam kegiatan ini bertujuan supaya guru MIM Ciputat dapat menghasilkan soal-soal berbasis HOTS dan dapat dipakai dalam membuat soal di mapel SD. Pelatihan ini melibatkan 15 guru MIM Ciputat. Hasil pelatihan dilihat dari penyebaran kuesioner dan wawancara sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan memberikan pengaruh positif terhadap guru dalam menghasilkan dan mengerjakan soal-soal yang berbasis HOTS dan dapat digunakan pada mata pelajaran. Mereka juga mendapat pengetahuan yang berkaitan dengan sistem penilaian berbasis HOTS. Mereka tahu bagaimana menilai keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa MI.

Full Text:

PDF

References


Anasy, Z. (2016). HOTS (Higher Order Thinking Skill) In Reading Exercise. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 3(1), 51-63.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’staxonomy of educational objectives. New York: Longman.

Ardiansyah, R. (2020). Tingkat pemahaman guru PJOK terhdapat instrumen penilaian berdasarkan higher order thinking skill (HOTS) di SMA Negeri se-kabupaten Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Assaly, I. R., & Smadi, O. M. (2015). Using Bloom's taxonomy to evaluate the cognitive levels of master class textbook's questions. English Language Teaching, 8(5), 100-110.

Atiullah, K., Fitriati, S. W., & Rukmini, D. (2019). Using revised Bloom’s taxonomy to evaluate higher order thinking skills (HOTS) in reading comprehension questions of English textbook for year X of high school. English Education Journal, 9(4), 428-436.

Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.

Febrina, F., Usman, B., & Muslem, A. (2019). Analysis of Reading Comprehension Questions by Using Revised Bloom’s Taxonomy on Higher Order Thinking Skill (HOTS). English Education Journal, 10(1), 1-15.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2019). Environmental learning based on higher order thinking skills: a needs assessment. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 21-24.

Makhmudah, S. (2016). Upaya memperbaiki kualitas guru dengan memaksimalkan terpenuhinya kompetensi kepribadian dan profesionalisme guru. Jurnal Studi Islam, 11(1), 80-103.

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., Yusrianti. (2021). Pelatihan Penyusunan soal hots bagi guru-guru MI. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/7674

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mardjuki, M. S., Potradinata, S. L. A., & Gusman, A. A. (2017). Secret to Finland’s education success : A reflection for education in Indonesia (a literature review). English Language and Literature International Conference (ELLiC), 13(6), 224-230.

Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) tentang lingkungan berdasarkan latar belakang akademik siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 19(2), 1-14.

Salirawati, D. R., Permanasari, L., & Purtadi, S., Ratnaningtyas, A., Nugraheni, E., & Dina. (2017). Pelatihan pengembangan soal HOT (Higher Order Thinking) sebagai peningkatan kompetensi pedagogik guru. Inotek, 21(1), 14-25.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.

Sari, I., Usman, D., Noviani, D., Basuni, F. (2023). Langkah Penyususnan dan Analisis butiran soal hots pada maple PAI dan Budi Pekerti. https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fjournal.widyakarya.ac.id%2Findex.php%2Fjipsoshum-widyakarya%2Farticle%2Fdownload%2F1605%2F1587%2F5488&psig=AOvVaw2NbdEna-o7i8KTzjFuMoDi&ust=1723488244507000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CAQQn5wMahcKEwig5cGYzO2HAxUAAAAAHQAAAAAQBA

Selamat, I. N., & Priyanka, L. M. (2020). Pelatihan pembuatan soal HOTS bagi guru-guru SD Negeri no 1 dan 2 Dausa Kecamatan Kintamani. Proceeding Senadimas Undiksha 2020, 1, 626-634.

Sucipto. (2017). Pengembangan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan strategi metakognitif model pembelajaran problem based learning. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 63-71.

Sunggingwati, D., & Nguyen, H. T. M. (2013). Teachers’ questioning in reading lessons: A case study in Indonesia. Electronic Journal of Foreign Language Teaching, 10(1), 80-95.

Tangsakul, P., Kijpoonphol, W., Linh, N. D., & Kimura, L. N. (2017). Using Bloom’s revised taxonomy to analyze reading comprehension questions in team up in English 1-3 and grade 9 English O-Net tests. International Journal of Research-Granthaalayah, 5(7), 31-41.

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop pengembangan soal higher order thinking skill (HOTS) bagi guru-guru MGMP IPS Kabupaten Malang pelatihan penyusunan. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 1(2), 73-79.

Yayuk, E. Y., Restian, A., & Kuncahyono, K. (2017). Analisis kompetensi guru di SDN Girimoyo 2 Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 229-236.

Yuliati, S. R., & Lestari, I. (2018). Higher-order thinking skills (HOTS) analysis of students in solving hots question in higher education. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 181-188.




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v1i2.3194

Article Metrics

Abstract Views : 32 | PDF Views : 35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lutfi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter