Pembekalan Penggunaan Pendekatan STEAM pada Pembelajaran Sejarah



Ponco Setiyonugroho(1*), Fahmi Hidayat(2), Wahyudin Wahyudin(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Implementasi STEAM adalah pendekatan pembelajaran dengan menyatukan unsur mata pelajaran lainnya seperti sains, teknologi, teknik, seni dan matematika, dengan mengaitkan unsur STEAM, maka peserta didik diberikan pemahaman holistik keterkaitan bidang ilmu melalui pengalaman belajar abad 21. STEAM merupakan salah satu konsep penting yang harus dikuasai guru sejarah untuk mengintegrasikan materi sejarah dengan ilmu lainnya, kemudian menjadikan peserta didik memiliki tingkat berpikir dan analisis yang tinggi dalam proses pembelajaran. STEAM dalam pembelajaran sejarah dapat merangsang peserta didik dalam memecahkan suatu teka-teki di dalam pembelajaran, selain itu dengan menggunakan pendekatan STEAM mampu menghadirkan pembelajaran yang menarik di dalam kelas karena guru sejarah dapat menjelaskan peristiwa sejarah dengan mengaitkan mata pelajaran yang lainnya. Adanya integrasi mata pelajaran ini akan membuat peserta didik mampu menyerap pembelajaran dengan baik dan peserta didik mampu berpikir bukan hanya dari satu perspektif ke ilmuan saja tetapi multidimensi. Pendampingan pendekatan STEAM ini dapat digunakan dengan berbagai macam metode seperti menonton film serta pemaparan dari guru sejarah dan alangkah lebih baiknya guru yang berkaitan dengan pendekatan ini dapat hadir dalam kelas sejarah. Urgensi dari pendekatan STEAM pada masa kini khususnya pada peserta didik yang mempelajari materi sejarah yakni pendekatan STEAM memberikan solusi berpikir yang multidimensi sehingga peserta didik mampu berpikir bukan hanya dari pola pemikiran sejarah saja tetapi mereka bisa mempertanyakan peristiwa sejarah dengan mengadopsi pemikiran ilmu yang berbeda rumpun.

Full Text:

PDF

References


Aristeidou, M., Orphanoudakis, T., Kouvara, T., Karachristos, C., & Spyropoulou, N. (2023). Evaluating the Usability and Learning Potential of a Virtual Museum Tour Application for Schools. INTED2023 Proceedings, 1, 2572–2578. https://doi.org/10.21125/inted.2023.0720

Bhikku, A. (2021). Lalitavistara the Life of Gautama Buddha. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Bronto, S., Ratdomopurbo, A., Asmoro, P., & Adityarani, M. (2014). Longsoran Raksasa Gunung Api Merapi Yogyakarta – Jawa Tengah. Journal Geofisika Eksplorasi, 15(4), 165–183.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Alfabeta.

Gunawan, P., & Asmar, S. (2019). Model Pembelajaran Steam ( Science , Technology , Engineering , Art , Mathematics ) Dengan Pendekatan Saintifik. 1–64.

Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Laksana.

Poernama, J. A., & Putra, H. A. (2022). Penggunaan Bahan Batuan Berdasarkan Lokasi Terbangun: Studi Kasus Candi Di Jawa Tengah Dan Jawa Timur. ALUR : Jurnal Arsitektur, 5(2), 68–79. https://doi.org/10.54367/alur.v5i2.1941

Pradita, D., & Nugroho, A. (2020). Relief Candi Borobudur, Prasasti, dan Berita Asing: Visualisasi Perburuan Masa Mataram Kuno. Jurnal Sejarah, 3(2), 63–72. https://doi.org/10.26639/js.v3i2.264

Pradnyawan, D. (2023). Arsitektur dan Seni Candi Kedulan. PURBAWIDYA: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Arkeologi, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.55981/purbawidya.2023.93

Sartono, N., Suryanda, A., Leyli, T., & Ahmad, S. (2020). Implemetasi STEAM dalam Pembelajaran Biologi : Upaya Pemberdayaan Guru Biologi Madrasah Aliyah DKI Jakarta. 2(1), 7–14.

Suryanto, H. (2022). Sound of Borobudur: Instrumen Musik Leluhur yang Terpahat Pada Relief Candi. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.33




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v1i2.3193

Article Metrics

Abstract Views : 110 | PDF Views : 75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ponco Setiyonugroho, Fahmi Hidayat, Wahyudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter