Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Canva pada Tenaga Pendidik SDN Pagelaran 04, Kelurahan Pagelaran, Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor



Hermariyanti Kusumadewi(1), Herlina Lindaria Simanjuntak(2), Devi Mulyani(3*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam keadaan post-pandemic seperti saat ini Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Pertemuan Tatap Muka (PTM) diterapkan agar KBM tetap berjalan seperti biasa, kegiatan ini tidak lepas dari peran media internet, internet software, mobile application yang menjadi media utama agar KBM berjalan lancar. Terdapat banyak media maupun aplikasi yang dapat digunakan guru sebagai media pendukung pembelajaran. Media Pembelajaran dapat dioptimalkan penggunaan oleh guru untuk pembelajaran di luar kelas. Aplikasi pembuatan soal online pun menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk mendukung PJJ di saat seperti ini. Kegiatan belajar mengajar selama PJJ di Sekolah Dasar telah dilaksanakan dengan berbagai macam kendala dan permasalahannya, baik dari sisi guru sebagai pengajar dan fasilitator maupun dari siswa yang harus belajar dengan bantuan gadget seperti smartphone (ponsel pintar), laptop, maupun jaringan internet. Oleh karena itu, perlu diciptakan suasana yang menyenangkan, efektif dan kreatif saat belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran setiap mata pelajaran itu sendiri. Melihat permasalahan yang ada di lapangan, tim tergerak untuk melakukan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan sosialisasi penggunaan Aplikasi Canva untuk mendukung KBM baik selama pelaksanaan PJJ maupun PTM, Adapun judul kegiatan ini adalah PKM sosialisasi penggunaan Aplikasi Canva pada Tenaga Pendidik SDN Pagelaran 04 di desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, kabupaten Bogor.


Full Text:

PDF

References


Azhar, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Barber, C. (2000). The English Language: A Historical Introduction. Cambridge Univ. Press.

Damayanti, F., dkk. (2022). Sosialisasi Penggunaan Canva Sebagai Media Ajar Untuk Guru SMP 1 Labuhan Deli. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume: 04, Nomor: 02. https://www.jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/download/687/511.

Daryono. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (1998). Pedoman Pelatihan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud Rineka Cipta.

Freeborn, D. (2006). From Old English to Standard English: A Course Book in Language Variations Across Time (Studies in English Language). New York: Macmillan.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Pearson Education Limited.

Richard, J.C and Renandya, W.A. (2002). Methodology In Language Teaching: An Antology Of Currant Practice. Cambridge University Press.

https://www.canva.com/id_id/about/

https://bobo.grid.id/read/083285897/6-langkah-mengubah-slide-presentasi-canva-ke-power-point?page=all




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v1i2.2683

Article Metrics

Abstract Views : 17 | PDF Views : 14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hermariyanti Kusumadewi, Herlina Lindaria Simanjuntak, Devi Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter