Perancangan Film Animasi Sebagai Pengenalan Sejarah Asal Usul Cina Benteng
Lisda Suwarsih(1), Yayah Rukiah(2*), Edo Galasro Limbong(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adani, R. M. (2020). Storyboard: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Membuatnya. Sekawan Media. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/storyboard-adalah/
Baharuddin, B. (2015). Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Dan Kebudayaan. Jurnal Al-Hikmah, 9(2), 180–205. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v9i2.323
Bestari, A. G., & Ishartiwi, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 121. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8006
Chandra, E. (2010). YouTube, Citra Media Informasi Interaktif Atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, Vol. 1, No. 2, 406–417. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/view/1035
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6. https://etheses.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode%20Penelitian%20Kualitatif.pdf
Halim, U. (2011). Museum Warisan Budaya Peranakan Tionghoa Tangerang. Tangerang: M. B. Heritage.
Hartono, Y., & Huda, K. (2019). Pembelajaran Sejarah Transformatif (S. Anekani (ed.); Cetakan Pe). Madiun: UNIPMA Press (Anggota IKAPI), Universitas PGRI Madiun.
Haryono, G. C. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi (Restiani Est Dewi (ed.); Oktober 20). Kab. Sukabumi: CV Jejak, Anggota IKAPI.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum, Vol. 8, No. 1, https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163/932
Kusrianto, A. (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Luzar, L. C., & Monica. (2011). Efek Warna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan. Humaniora, 2(9), 1084–1096. https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3158/2544
Maulida, R. O. (2019). Visualisasi Desain Karakter Tokoh Dalam Film Animasi “the Battle of Surabaya.” 1–171. http://repository.isi-ska.ac.id/3469/%0Ahttp://repository.isi-ska.ac.id/3469/1/Rika Okta Maulida.pdf
Melezatkan, S. (2020). Sasa Anime Series x Harousel - Sasa Hadirkan Rasa untuk Indonesia. https://www.youtube.com/watch?v=27hvhru99Sc
Rifda, A. (2023). 25 Kombinasi Warna Pastel serta Dampak Psikologi-Nya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/best-seller/warna-pastel/
Raco, J. . (2010). Metode Penelitian Kualitatif (A. L & J. . Soerdarmanta (eds.)). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Anggota IKAPI.
Rosyadi. (2010). FESTIVAL PEH CUN Menelusuri Tradisi Etnis Cina di Kota Tangerang. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 2(1), 18. https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i1.203
Saidillah, A. (2018). Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 214–235. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p214
Sibarani, R. (2015). Pendekatan Antropolinguistik Terhadap Kajian Tradisi Lisan. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 1. https://doi.org/10.22225/jr.v1i1.9
Sunarti, L. (2016). Sejarah Indonesia Dalam Konteks Politik Global Dan Regional. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 161–173. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p161
Suryosumpeno, C. (2022). Film Dokumenter - CINA BENTENG I dari waktu ke waktu. The Story. https://www.youtube.com/watch?v=3dvvRUZqx_Y
Suwasono, A. A. (2016). Pengantar Animasi 2D Metode Dasar Perancangan Animasi Tradisional (A. A. Suwasono (ed.)). Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran (I. Hanifah (ed.)). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Tati, A. (2017). Kurikulum Pendidikan di SD dan SMA Pada Masa Orde Baru. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 89–102. https://doi.org/10.21009/jps.042.09
Varlord. (2014). Perbedaan Budaya Zaman Dahulu; Sekarang dan Masa Depan. Brainly.Co.Id. https://brainly.co.id/tugas/398228
Witabora, J. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Jurnal Humaniora, 3(2), 659. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3410
DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v3i3.3948
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lisda Suwarsih, Yayah Rukiah, Edo Galasro Limbong

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License