Perancangan Film Animasi Sebagai Pengenalan Sejarah Asal Usul Cina Benteng



Lisda Suwarsih(1), Yayah Rukiah(2*), Edo Galasro Limbong(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Cina Benteng merupakan sebutan sekelompok masyarakat dan menjadi bagian dari warisan budaya Tionghoa khususnya di wilayah Tangerang, Banten. Namun, seiring berjalannya waktu dalam perkembangan zaman modern saat ini, dengan adanya perubahan sosial, pola pikir dan gaya hidup, menyebabkan menurunnya tingkat kesadaran untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai sejarah, seni dan budaya sebagai identitas dari mana asal-usulnya, karena dinilai terlalu kuno. Tujuan penelitian untuk merancang film animasi “Asal-usul Cina Benteng” sebagai media yang berisi informasi tentang warisan budaya Cina Benteng di wilayah Tangerang, Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dalam bentuk studi literatur, studi observasi maupun wawancara kepada narasumber yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi mengenai Cina Benteng. Hasil dari penelitian ini adalah film animasi yang menceritakan kisah sejarah awal mula kedatangan nenek moyang etnis Tionghoa di tanah nusantara, adanya proses akulturasi seni budaya dan perkawinan orang Tionghoa dengan penduduk setempat (lokal) yang dikenal dengan peranakan Tionghoa. Dengan menggunakan gaya digital animasi 2D dengan proses pembuatannya frame by frame menjadikan pergerakan animasi ini terlihat unik dan tidak terlalu berlebihan, sehingga diharapkan pesan dan cerita dalam film ini dapat lebih menarik dan mudah dipahami

Keywords


Film Animasi; Sejarah; Cina Benteng; Peranakan Tionghoa

Full Text:

PDF

References


Adani, R. M. (2020). Storyboard: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Membuatnya. Sekawan Media. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/storyboard-adalah/

Baharuddin, B. (2015). Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Dan Kebudayaan. Jurnal Al-Hikmah, 9(2), 180–205. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v9i2.323

Bestari, A. G., & Ishartiwi, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 121. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8006

Chandra, E. (2010). YouTube, Citra Media Informasi Interaktif Atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, Vol. 1, No. 2, 406–417. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/view/1035

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6. https://etheses.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode%20Penelitian%20Kualitatif.pdf

Halim, U. (2011). Museum Warisan Budaya Peranakan Tionghoa Tangerang. Tangerang: M. B. Heritage.

Hartono, Y., & Huda, K. (2019). Pembelajaran Sejarah Transformatif (S. Anekani (ed.); Cetakan Pe). Madiun: UNIPMA Press (Anggota IKAPI), Universitas PGRI Madiun.

Haryono, G. C. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi (Restiani Est Dewi (ed.); Oktober 20). Kab. Sukabumi: CV Jejak, Anggota IKAPI.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum, Vol. 8, No. 1, https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163/932

Kusrianto, A. (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Luzar, L. C., & Monica. (2011). Efek Warna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan. Humaniora, 2(9), 1084–1096. https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3158/2544

Maulida, R. O. (2019). Visualisasi Desain Karakter Tokoh Dalam Film Animasi “the Battle of Surabaya.” 1–171. http://repository.isi-ska.ac.id/3469/%0Ahttp://repository.isi-ska.ac.id/3469/1/Rika Okta Maulida.pdf

Melezatkan, S. (2020). Sasa Anime Series x Harousel - Sasa Hadirkan Rasa untuk Indonesia. https://www.youtube.com/watch?v=27hvhru99Sc

Rifda, A. (2023). 25 Kombinasi Warna Pastel serta Dampak Psikologi-Nya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/best-seller/warna-pastel/

Raco, J. . (2010). Metode Penelitian Kualitatif (A. L & J. . Soerdarmanta (eds.)). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Anggota IKAPI.

Rosyadi. (2010). FESTIVAL PEH CUN Menelusuri Tradisi Etnis Cina di Kota Tangerang. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 2(1), 18. https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i1.203

Saidillah, A. (2018). Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 214–235. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p214

Sibarani, R. (2015). Pendekatan Antropolinguistik Terhadap Kajian Tradisi Lisan. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 1. https://doi.org/10.22225/jr.v1i1.9

Sunarti, L. (2016). Sejarah Indonesia Dalam Konteks Politik Global Dan Regional. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 161–173. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p161

Suryosumpeno, C. (2022). Film Dokumenter - CINA BENTENG I dari waktu ke waktu. The Story. https://www.youtube.com/watch?v=3dvvRUZqx_Y

Suwasono, A. A. (2016). Pengantar Animasi 2D Metode Dasar Perancangan Animasi Tradisional (A. A. Suwasono (ed.)). Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran (I. Hanifah (ed.)). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tati, A. (2017). Kurikulum Pendidikan di SD dan SMA Pada Masa Orde Baru. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 89–102. https://doi.org/10.21009/jps.042.09

Varlord. (2014). Perbedaan Budaya Zaman Dahulu; Sekarang dan Masa Depan. Brainly.Co.Id. https://brainly.co.id/tugas/398228

Witabora, J. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Jurnal Humaniora, 3(2), 659. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3410




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v3i3.3948

Article Metrics

Abstract Views : 240 | PDF Views : 41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lisda Suwarsih, Yayah Rukiah, Edo Galasro Limbong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View Cipta Stats