Re-Desain Tata Letak Perpustakaan Universitas Internasional Jakarta



Antonia Christmagda Satianegara(1*), Elizabeth Jessica Sentani(2), Andreas James Darmawan(3),

(1) Jakarta International University
(2) Jakarta International University
(3) Jakarta International University
(*) Corresponding Author

Abstract


Perpustakaan merupakan fasilitas esensial di dalam lingkungan akademik yang dapat mendukung kegiatan belajar mahasiswa. Namun, tata letak perpustakaan Universitas Internasional Jakarta (UIJ) masih menghadapi berbagai kendala dari sudut pandang para pengguna, seperti kurangnya ketersediaan tempat duduk, keterbatasan akses ke soket listrik, serta sirkulasi ruang yang kurang optimal untuk bernavigasi. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk merancang ulang tata letak perpustakaan UIJ guna meningkatkan kenyamanan dan efisiensi penggunaan ruang. Penelitian ini dibuat menggunakan metode desain iteratif, dimulai dengan identifikasi berbagai kebutuhan pengguna melalui observasi dan survei, penyusunan desain awal, evaluasi dari pengguna, revisi desain, hingga pembuatan prototipe akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata letak baru yang mengakomodasi ruang baca individual, area baca santai, dan meja yang disertai dengan soket listrik dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas mahasiswa dalam kegiatan belajar mereka. Dan juga, pengaturan ulang rak buku serta jalur pergerakan untuk pengguna juga berkontribusi pada efisiensi ruang yang lebih baik. Dampak dari penelitian ini adalah terciptanya ide rancangan tata letak perpustakaan yang lebih ergonomis, memudahkan navigasi, dan sesuai dengan berbagai kebutuhan pengguna. Model desain ini juga dapat menjadi referensi bagi perpustakaan di universitas lain yang memiliki kondisi serupa untuk meningkatkan kualitas layanan mereka kepada para pengguna.

Keywords


Re-desain Perpustakaan; Tata Letak; Efisiensi Ruang

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, M. (2020). Pengaruh fasilitas teknologi terhadap kenyamanan ruang belajar di perguruan tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(4), 301-310.

Applegate, R. (2009). The Impact of Library Environments on Student Learning Outcomes. College & Research Libraries, 70(6), 548-567

Bennett, S. (2011). Learning Behaviors and Library Spaces: What Do Students Do When They Study? Journal of Library Design, 14(3), 45-62

Brown, T. (2019). Design Thinking in Space Planning: A User-Centered Approach. New York: Architecture Press.

Cha, S., & Kim, H. (2015). Zoning Strategies in Library Space Planning: An Empirical Study. Journal of Academic Libraries, 32(1), 112-130.

Fauzi, M. (2018). Tata letak perpustakaan dan dampaknya terhadap kenyamanan pengguna. Jurnal Perpustakaan Indonesia, 25(3), 105-112.

Hamilton, D. K., & Watkins, D. H. (2009). Evidence-Based Design for Multiple Building Types. John Wiley & Sons.

Johnson, T. (2019). Enhancing Library Layout Design Using Digital Tools: A Case Study Approach. Architectural Review of Learning Spaces, 12(3), 90-105.

Jones, M., Carter, R., & Williams, S. (2022). Continuous Research and Adaptive Space Design in Public Institutions. Journal of Interior Design, 37(2), 112-130.

Kartika, S., & Rahayu, D. (2017). Optimalisasi ruang perpustakaan dalam mendukung kegiatan belajar mahasiswa. Jurnal Arsitektur dan Perencanaan, 14(2), 221-230.

Kwan, S. Y. (2017). Prototype-Based Spatial Planning in Academic Libraries: A Case Study of User Interaction. Journal of Library Space Design, 8(2), 112-128.

Lawson, B. (2020). Prototyping and Iteration in Architectural Design. London: Urban Design Publications.

Lee, H., & Kim, J. (2020). Power Accessibility in Academic Libraries: The Role of Electrical Outlets in Student Learning Habits. Journal of Educational Infrastructure, 27(3), 75-88.

Lu, C. Y., & Chang, H. P. (2018). Minimizing Design Revisions through Prototyping in Library Space Planning. Journal of Academic Library Research, 26(3), 302-318.

Montgomery, S. E. (2018). Assessing Library Space: User Perceptions and Impact on Learning Outcomes. Journal of Library & Information Services in Distance Learning, 12(2-3), 155-172.

Montgomery, S. E., & Miller, J. (2011). Student Satisfaction and Library Space: A Case Study in User-Centered Design. Journal of Academic Libraries, 39(1), 66-74.

Mulyani, F. (2021). Desain ruang kelas dan pengaruhnya terhadap konsentrasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 18(1), 45-52.

Nilsen, C., Ross, M., & Williams, J. (2020). Library Layout and User Experience: A Study of Spatial Efficiency and User Satisfaction. Journal of Library Administration, 60(4), 245-267.

Norman, D. (2013). The Design of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Books.

Nurhadi, I. (2021). Kebutuhan fasilitas teknologi dalam ruang belajar: Studi kasus di perguruan tinggi. Jurnal Fasilitas Pendidikan, 20(2), 75-85.

Rudianto, J. (2020). Desain ruang perpustakaan untuk kenyamanan dan produktivitas belajar mahasiswa. Jurnal Arsitektur dan Ruang, 19(2), 102-110.

Setiawan, A., & Hidayat, R. (2019). Analisis ruang perpustakaan sebagai fasilitas belajar di universitas. Jurnal Desain Interior, 12(1), 45-52.

Smith, J., & Taylor, K. (2021). User Involvement in Library Space Planning: A Participatory Approach. Journal of Library Architecture, 29(3), 87-105.

Steelcase Education. (2018). Active Learning Spaces: The Future of Classroom Design. Journal of Educational Design, 12(2), 112-128.

Story, M., Mueller, J., & Mace, R. (2018). Universal Design: Creating Inclusive Learning Environments in Higher Education. Journal of Accessibility and Inclusion, 15(2), 65-80.

Supriyanto, W. (2020). Pengaruh tata letak ruang terhadap produktivitas belajar mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(4), 75-82.

Turner, A., Welch, B., & Reynolds, S. (2017). Next-Generation Library Spaces: Design, Technology, and User Engagement. College & Research Libraries, 78(4), 475-498.

Wulandari, R. (2020). Studi desain ruang perpustakaan untuk mendukung aktivitas belajar kolaboratif mahasiswa. Jurnal Perencanaan Ruang, 16(2), 98-105.




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v3i3.3913

Article Metrics

Abstract Views : 70 | PDF Views : 32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Antonia Christmagda Satianegara, Elizabeth Jessica Sentani, Andreas James Darmawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View Cipta Stats