Perancangan logo Abu Haidar dalam upaya peningkatan citra dan daya tarik konsumen
Stephen Valentino Febrian(1*), Michael Rico Abimanyu(2), Yuda Nulhakim(3), Meisha Imanuel Latuny(4),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
perancangan ini bertujuan untuk merancang logo sebagai identitas visual bagi UMKM Abu Haidar, sebuah usaha kuliner hasil merger dua bisnis lokal. Metode perancangan kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis desain grafis. Proses perancangan melibatkan observasi kebutuhan branding, brainstorming, pembuatan moodboard, hingga eksplorasi elemen visual melalui morfologi. Hasil perancangan menunjukkan bahwa logo baru dengan elemen rolling pin sebagai simbol utama berhasil mencerminkan karakter merek, yaitu ceria, energik, dan profesional. Kombinasi warna cerah seperti kuning dan merah, serta tipografi tebal, memberikan daya tarik visual dan memastikan fleksibilitas untuk berbagai media promosi. Simpulan perancangan menyatakan bahwa logo ini mampu memperkuat citra merek, meningkatkan daya saing, serta mendukung strategi pemasaran digital UMKM Abu Haidar. Logo ini tidak hanya menjadi elemen estetika, tetapi juga langkah strategis dalam membangun hubungan emosional dengan konsumen dan memperluas jangkauan pasar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada UMKM. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967
Amri, A. (2023). Perancangan Logo UMKM Casper Bue sebagai Identitas dan Label Kemasan. Cipta, 2(2), 199-210. https://doi.org/10.30998/cipta.v2i2.2581
Dawami, A. K., Assyafir, L. Z., & Auliadst, Z. N. (2022). Perancangan Desain Kemasan pada UMKM Qyu Sweet and Savoury. Cipta, 1(1), 35-46. http://dx.doi.org/10.30998/000000
Dewi, C. M., Hairiza, A., & Limbong, E. G. (2020). Warna sebagai identitas merek pada kemasan makanan tradisional kembang goyang khas Betawi. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 2(01), 9-13. https://doi.org/10.30998/vh.v2i01.150
Fadiah, S. N., & Satriadi. (2024, Agustus). Peran Warna Dalam Meningkatkan Daya Tarik Visual Logo. PARATIWI, 3(2). https://doi.org/10.26858/p.v3i2.62470
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Nugraha, N., Qeis, M. I., & Sukarwo, W. (2022). Perancangan Logo dan Kemasan sebagai Identitas Visual UMKM Bandeng Presto Kresya. Cipta, 1(2), 241-250. https://doi.org/10.30998/cpt.v1i2.1657
Sinaga, A. S., & Sawitri, D. K. (2024). Meningkatkan Citra Merek Melalui Desain dan Identitas Visual. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(14), 279-287. https://doi.org/10.5281/zenodo.13377508
Srihidayati, G. (2023). Perancangan Logo dan Desain Kemasan Keripik Pisang Tanduk Arjuna di Kota Palopo. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 11(1), 74-82. https://doi.org/10.30605/perbal.v11i1.2291
Wandasari, N. K. R. D., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Mie Instan Merek Sedaap di Kota Denpasar. Values, 1(3).
DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v3i2.3579
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Stephen Valentino Febrian, Michael Rico Abimanyu, Yuda Nulhakim, Meisha Imanuel Latuny

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License