Desain Tata Ruang Siniar sebagai Identitas Jenama: Perspektif Desain Komunikasi Visual



Faisal Akbar(1), Dini Miswanti(2*), Khikmah Susanti(3), Rizki Saga Putra(4), Atiek Nur Hidayati(5),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini membahas siniar (podcast) tidak hanya berfungsi sebagai media penyampaian konten audio, tetapi juga sebagai identitas jenama yang kuat. Desain tata ruang siniar memainkan peran penting dalam menciptakan atmosfer yang sesuai dengan nilai-nilai dan karakteristik jenama, serta mendukung pengalaman audiens secara keseluruhan. Elemen-elemen desain seperti penataan furnitur, pencahayaan, pemilihan warna, dan elemen visual lainnya dapat digunakan untuk memperkuat citra jenama dan menciptakan konsistensi visual. Hasil perancangan desain ini menunjukkan bahwa desain tata ruang siniar yang dirancang dengan baik tidak hanya meningkatkan kualitas produksi, tetapi juga berkontribusi signifikan terhadap identitas jenama yang lebih kuat dan berkesan.

Keywords


Tata Ruang; Siniar; Identitas Jenama

Full Text:

PDF

References


DailySocial.id. (2018). Podcast User Research in Indonesia 2018.

Jain, K., Jajodia, I., Sharma, P., & Singh, G. (2021). Brand bravery: Conceptualization, scale development and validation. Journal of Product & Brand Management, 30(8), 1212-1228.

Matthews, E.A., & Lippman, P. C. (2023). Creating dynamic places for learning. Singapore: Springer Nature

Rifda, A. (2022). Apa itu podcast? Pengertian, manfaat, dan cara membuatnya. Diakses dari https://www.gramedia.com/best-seller/apa-itu-podcast/

Rasyid, A. (2024). Memahami perbedaan antara podcast audio dan podcast video.

Kemenparekraf RI. (2023). Perkembangan tren podcast di Indonesia yang terus meningkat. Diakses dari https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/perkembangan-tren-podcast-di-indonesia-yang-terus-meningkat

Ramstedt, F. (2024). The furnishing handbook. Penguin Books Ltd.

Thabrany, S., & Gunawan, C. (2023). Perancangan Identitas Visual Podcast Pertamina Online Learning and Sharing. In Seminar Nasional Teknologi Cetak Dan Media Kreatif (Vol. 2).

Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity: an essential guide for the entire branding team. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons Inc.




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v3i1.3176

Article Metrics

Abstract Views : 55 | PDF Views : 53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Faisal Akbar, Dini Miswanti, Khikmah Susanti, Rizki Saga Putra, Atiek Nur Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View CIPTA Stats