Perancangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Adab Berteman Dalam Islam



Irfan Irawan(1), Ahmad Faiz Muntazori(2), Wirawan Sukarwo(3*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan kenakalan remaja dewasa ini seringkali disebabkan oleh kurangnya ilmu mengenai adab yang seharusnya ditanamkan sejak dini. Islam sebagai agama yang membawa rahmat bagi semesta memiliki konsep-konsep adab dalam pergaulan yang didasarkan pada al-Qur`an dan Sunnah Nabi SAW. Penelitian dan perancangan buku cerita bergambar dengan judul Sahabat Saleh ini bertujuan untuk membantu para siswa sekolah dasar mengenal konsep adab berteman dalam Islam. Penelitan ini berjenis kualitatif dengan instrumen pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah sebuah buku cerita bergambar berjudul Sahabat Saleh dengan gaya ilustrasi kartun yang disesuaikan dengan target audiens. Hasil rancangan pada penelitian ini menunjukkan bahwa konsep adab berteman dalam Islam dapat disajikan melalui media yang menarik dengan gaya ilustrasi yang sesuai dengan target audiens siswa sekolah dasar.

Keywords


Buku Cerita Bergambar; Adab Berteman; Islam; Sahabat

Full Text:

PDF

References


Arif, M. (2019). Adab pergaulan dalam perspektif Al-Ghazali: Studi kitab Bidayat al-Hidayah. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 6(01), 64-79. https://doi.org/10.19105/islamuna.v6i1.2246.

Dalchofany, M., & Uswatun, H. (2021). Pendidikan anak usia dini menurut konsep Islam. Jakarta: Amzah.

El Bilad, C. (2016). Makna saleh dan macam-macamnya. Diakses dari https://www.nu.or.id/opini/makna-saleh-dan-macam-macamnya-MCjsD#:~:text=Secara%20etimologis%2C%20kata%20saleh%20berasal,hal%2Dhal%20yang%20bersifat%20buruk.

Husaini, A. (2012). Pendidikan Islam: membentuk manusia berkarakter & beradab. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Kamandanu, A. dkk. (2022). Proses penciptaan karya seni rupa dan desain. Solo: Yayasan Lembaga GUMUN Indonesia.

KEMENPPPA. (2023, Januari 11). SIMFONI-PPA: Diakses dari https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Khairi, A. (2020). Pendidikan adab dan karakter menurut hadis Nabi Muhammad SAW. Bogor: Guepedia.

Mantei, J. & Kervin, L. 2014. Interpreting the images in a picture book: students make connections to themselves, their lives and experience. English Teaching: Practice and Critique. Vol. 13, No. 2 pp. 76-92. http://education.waikato.ac.nz/research/files/etpc/files/2014v13n2art5.pdf

Maharsi, I. (2016). Ilustrasi. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI. Munawaroh, R. (2018). Konsep ta’aruf dalam perspektif Pendidikan Islam. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Munthe, A., & Dellya, H. (2019). Pendidikan karakter bagi anak usia dini melalui buku cerita bergambar. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan, 35(02), 98-111.

Muslim, Abdul, H., & Wido, S. (2018). Menumbuhkan karakter anak (perspektif Ibn Abd Al-Barr Al-Andalusi). Yogyakarta: Deepublish.

Shihab, M. (2019). Islam yang saya anut dasar-dasar ajaran Islam. Tangerang: Lentera Hati.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Tompkins, G. E. & Hoskisson K. (1995). Language arts content and teaching strategies. New Jersey: Merrill an imprint of Pentice Hall. Trimansyah, B. (2020). Panduan penulisan buku cerita anak. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Widayati, S., & Imron, W. (2020). Penulisan naskah anak usia dini. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Yanti, E. (2020). Suatu pengantar metode dan riset desain komunikasi visual DKV. Yogyakarta: Deepublish.

Yusuf, M. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana.

Zarman, W. (2017). Ternyata mendidik anak cara Rasulullah mudah & efektif. Jakarta: Kawan Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v3i1.3117

Article Metrics

Abstract Views : 27 | PDF Views : 26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Irfan Irawan; Ahmad Faiz Muntazori; Wirawan Sukarwo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View CIPTA Stats