Perancangan buku ilustrasi serial mengenai benda luar angkasa sebagai media edukasi alam
Tansa Alifah(1), M. Iqbal Qeis(2), Yuni Zaharani(3*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penyebaran mitos dan hoaks terkait astronomi kerap terjadi, menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran masyarakat. Pada tahun 2015, beredar kabar asteroid terbesar akan menabrak bumi antara tanggal 15-28 September 2015 yang akan menyebabkan kiamat (Walidah, 2017: 327). Kurangnya edukasi dan pengetahuan dasar masyarakat tentang astronomi menyebabkan mudahnya konsumsi serta penyebaran mitos dan hoaks. Tujuan penelitian adalah merancang Buku Ilustrasi Serial Mengenai Benda Luar Angkasa sebagai Media Edukasi Alam untuk mengenalkan benda-benda langit kepada anak-anak, dan mencegah misinformasi tentang astronomi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan studi pustaka, observasi online (website, Youtube, media sosial), dan wawancara. Hasil yang dicapai adalah buku serial ilustrasi berjudul Mengenal Benda-Benda Luar Angkasa dengan ukuran 20 x 20 cm yang ditujukan untuk anak usia 6-12 tahun, dengan status ekonomi menengah ke atas, yang gemar membaca. Konsep desain menggunakan ilustrasi dekorasi, kartun, dan ilustrasi khayalan. Menggunakan warna dominan gelap yang menginterpretasikan luar angkasa serta menggunakan huruf Baloo 2 dan Fredoka One. Buku ilustrasi serial ini diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan mengedukasi tentang astronomi di kalangan anak-anak serta mencegah misinformasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adeliadiani D. dan Isdianto. (2015). Museum astronomi. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain, No.1 2, hlm 1-5.
Arif, M. (2017). Perancangan tata letak pabrik. Yogyakarta: Deepublish.
Firmansyah, S. (2021). Klasifikasi jenis kucing berdasarkan bentuk telinga dan bentuk wajah dengan metode Knearest Neighbor (KNN). (Doctoral dissertation), Universitas Islam Lamongan, Jawa Timur.
Hastuti, C. D., Irfansyah, I., & Ahmad, H. A. (2022). Pengaruh adaptasi bahasa visual Jepang pada film animasi Indonesia Battle of Surabaya. Jurnal SASAK: Desain Visual dan Komunikasi, 4(2), 61-72.
Ikhsanto, N. E., Muthoifin, M., & Mustofa, T. A. (2023). Konsep pendidikan Islam (Studi perbandingan pemikiran Syed Naquib Al Attas dan Mahmud Yunus). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02), 1775-1792. : https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4107.
Kurniarti, A. 2013. Pengembangan media mood board busana pesta pada mata diklat menggambar busana oleh mahasiswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Yogyakarta. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komunikasi visual. Jakarta: Andi Publisher.
Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal Pemikiran, 37(1), 27-33.
Moleong, L. J. (2001). Metode penelitian kualitatif, cetakan Ke-14. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya (anggota IKAPI).
Mufid, Fathul. (2013). Diskursus tentang benda-benda angkasa luar menurut para mufassir dan astronom. Jurnal Hermeneutik, 7 (1) hlm. 83-99.
Nazir, M. (1998). Metode penelitian. Jakarta: Galia Indonesia .
Nurhayati, A. (2010). Pengaruh startegi peta konsep (concept mapping) terhadap hasil belajar fisika siswa: studi quasi eksperimen di Mts Al-Mukhsin Cibinong. (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Putra, D. P., Utomo, D. W., & Syarief, A. (2023). Perancangan konten promosi online wisata edukasi Learning Farm Ecopark, Ancol. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 5(2), 271-283.
Setiautami, D. (2011). Eksperimen tipografi dalam visual untuk anak. Jurnal Humaniora, 2(1), 311-317.
Shinta, Sukma S. (2017). Wahana edutainment astronomi dan antariksa di sleman yogyakarta dengan penekanan desain arsitektur futuristik. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.
Sugihartono, Ryan P. 2015. Perancangan buku ilustrasi manfaat buah dan sayur untuk anak anak. Jurnal e-proceeding of art and design 2 (3), hlm. 1099-1108.
Susilo, Reza D. dan Yuliane. (2020). Perancangan media pembelajaran interaktif bertema luar angkasa. Visual Heritage : Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 2 (3) hlm. 215-225
Walidah, I. (2017). Tabayyun di era generasi millenial. Jurnal Living Hadis, 2(2) hlm.317-344.
Wijaya, P. Y. (1999). Tipografi dalam desain komunikasi visual. Jurnal Nirmana, 1(1), 47-54.
DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v2i3.2800
Article Metrics
Abstract Views : 110 | PDF Views : 125Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tansa Alifah, M. Iqbal Qeis, Yuni Zaharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License