Perancangan film dokumenter Bathara Katong dan Reog Ponorogo sebagai upaya pelestarian kesenian tradisi Jawa Timur



Ade Yusup Surandi(1), Winny Gunarti Widya Wardani(2), Dhika Quarta Rosita(3*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menambah pemahaman akan kesenian Reog, mengingat kesenian tersebut tidak banyak masyarakat yang mengetahui dan diharapkan kearifan lokal kesenian budaya Ponorogo tetap terjaga eksistensinya. Metode kualitatif deskriptif digunakan sebagai metode penelitian dalam penulisan ini. Metode kualitatif deskriptif merupakan metode yang berasal dari sumber terpercaya seperti buku, jurnal, wawancara, dan dokumentasi pribadi untuk mendapatkan informasi tanpa perhitungan angka. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu film dokumenter Kesenian Tradisional Jawa Timur Berjudul Bathara Katong dan Reog Ponorogo yang menceritakan mengenai sejarah atau asal-usul serta bagaimana proses pertunjukan Reog Ponorogo berlangsung. Film dokumenter ini ditujukan untuk rentang usia 12-23 tahun khususnya untuk wilayah Ponorogo dan umumnya kota-kota besar di Indonesia. Diharapkan melalui film dokumenter ini, generasi penerus tertarik untuk mempelajari dan melestarikan Reog Ponorogo.


Keywords


Reog Ponorogo; Bathara Katong; Film Dokumenter

Full Text:

PDF

References


Achmadi, A. (2017). Pasang Surut Dominasi Islam terhadap Kesenian Reog Ponorogo. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 13(1), 111-134.

Anggraini, Lia, & Nathalia, Kirana. 2014. Desain Komunikasi Visual (Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendikia.

Effendy, Onong U. (1998). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komuikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hartono. (1980). Reog Ponorogo. Jakarta. Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Ikawira, E. Y. (2014). TA: Penciptaan Buku Ilustrasi Legenda Reog Ponorogo sebagai Upaya Mengenalkan Budaya Lokal Kepada Anak-Anak (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Surabaya).

Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komunikasi visual

Kontrová, L. (2014). Mind mapping as efficient tools in mathematics education. Komunikácie-vedecké listy Žilinskej univerzity v Žiline, 16(3), 74-78.

Lisbijanto, H. (2013). Reog Ponorogo. Graha Ilmu.

Mapson, L. C. (2010). Kesenian, Identitas, dan Hak Cipta: Kasus ‘Pencurian’Reog Ponorogo. Skripsi, Malang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Malang (tidak diterbitkan).

Oktaviani, P. (2015). Sejarah dan pelestarian seni cowongan di Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Universitas Muhammadiyah Purwokerto Repository.

Setyawan, G. C. D. (2016). Unsur Kebudayaan Jawa Pada Film Dokumenter (Analisis Isi Pada Film “Dolanan Kehidupan “Karya Alfina Fahru dan Yopa Arfi). Skripsi. Fakultas Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Muhammadiyah Malang

Soenyoto, Partono. (2017). Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Tirtarahardja, U. dan La sulo, S.L. (2005). Pengantar pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Utama, G. (2021, November 29). Berkembangnya Masalah Pendidikan "Budaya dan Seni" di Indonesia. Retrieved from Kompasiana.com: (https://www.kompasiana.com/gilangutama7071/61a4ee758ab1f118802242e2/berkemb angnya-masalah-pendidikan-budaya-seni-di-indonesia)




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v2i3.2787

Article Metrics

Abstract Views : 191 | PDF Views : 115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ade Yusup Surandi, Winny Gunarti Widya Wardani, Dhika Quarta Rosita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View CIPTA Stats