(1) Politeknik Bina Madani (*) Corresponding Author
Abstract
Pelaku UMKM di daerah Kota Bekasi memiliki beragam kendala dalam meningkatkan mutu merek (logo), kemasan (packaging), strategi promosi dan laporan keuangan. Sehingga dirasa perlu untuk terus melakukan pendampingan dalam bentuk pelatihan yang mengarah kepada penyelesaian disetiap pelaku usaha UMKM. Salah satu yang akan menjadi objek dalam penelitian adalah pelaku usaha UMKM dengan merek Casper Bue. Casper Bue dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga bernama Fitri Anisa, peneliti menempatkan Casper Bue sebagai salah satu pelaku UMKM yang bersemangat dalam meningkatkan mutu visual merek usaha agar bisa “naik level” dan diterima di meluaskan pengenalan produknya bukan hanya di daerah Kota/Kabupaten Bekasi saja. Dengan diciptakannya logo Casper Bue, juga mampu menstimulasi para UMKM lain untuk melakukan kesadaran peningkatan merek dengan tampilan visual yang sesuai dengan selera masyarakat saat ini.
Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Penelitian: Desain Komunikasi Visual. PT Kanisius.
Dang, L. (2019). Visual branding: A guide to designing visual identity: Case: Plannr. eu.
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.
Fitriah, M., & Kusumadinata, A. A. (2017). Informasi Label Kemasan “Mochibo”. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 112-118.
Fardiansyah, M. I., Sari, D. A., Firdaus, M. A., & Ulfa, V. S. (2023). Pengembangan label kemasan botol pada produk bubuk jahe merah. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(9), 3033-3038.
Sekretariat Pengelola: Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2. Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071