Katalog Foto Produk Fanschant Store di Kota Malang Sebagai Media Promosi
Elfa Olivia Verdiana(1), Yogi Widya Saka Warsaa(2*), Handry Rochmad Dwi Happy(3),
(1) Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang
(2) Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang
(3) Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini membahas tentang katalog foto produk Fanschant Store di kota Malang yang berfungsi untuk membantu mempromosikan dan membuat sebuah katalog produk. Fanschant store merupakan brand baru dan memiliki produk-produk baju, jaket, topi, dan celana. Dalam katalog ini akan menampilkan hasil foto produk fanschant, ukuran produk dan harga produk yang nantinya akan menjadi media untuk mempromosikan kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan observasi yaitu melakukan pengamatan langsung ke lokasi yang dituju dan melakukan wawancara kepada pemilik toko Fanschant Store dan kepada masyarakat yang menyukai atau mendukung tim sepak bola Arema yang kemudian didukung oleh studi pustaka yang bersumber dari jurnal dan buku. Proses perancangan pembuatan katalog foto produk ini dimulai dari pra produksi meliputi konsep, pembuatan thumbnails foto, dan layout katalog. Dan dilanjutkan ke tahap produksi foto dan editing. Tahapan editing menggabungkan elemen visual meliputi foto, teks, dan warna. Setelah dilakukan uji validasi melalui media kuisioner yang disebar sesuai target, menunjukkan katalog produk ini masuk dalam kategori layak dengan penilaian dari 30 responden. Dengan demikian katalog foto produk Fanschant Store telah berhasil memberikan informasi dan juga promosi tentang produknya yang menarik yang disajikan dalam katalog.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Masruri, A. dkk. (2008). Dasar-dasar katalogisasi. Yogyakarta: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN.
Barker, c. (2008). Cultural Studies. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Creohouse. (2016). Jasa Desain Katalog di Medan. https://www.creohouse.co.id/jasa-desain-katalog-di-medan/#more-562. (diakses tanggal 10 Februari 2021).
Denbagus. (2011). Teknik pencahayaan Dalam Fotografi. http://www.denbagus.com/teknik-pencahayaan-dalam-fotografi/. (Diakses tanggal 17 Februari 2021)
Fahmi, F. (2020). Pengertian Fanschant Store. Malang: Pemilik Store.
Hidayat, A. (2017). Metode Penelitian: pengertian, Tujuan, Jenis. Statistikian.com/2017/02/metode-penelitian-metode-penelitian.html. (Diakses tanggal 13 Juli 2020).
Herdiyansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Iframe. (2020). Belajar dari Dasar Pengertian Fotografer dan Fotografi. https://iframerental.com/blog-belajar-dari-dasar-pengertian-fotografer-dan-fotografi-103. (Diakses tanggal 11 Februari 2021).
Kusmiati. R, A., Astuti, S. dan Suptandar, P. (1999). Teori Dasar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sugara, E. P. A. (2015). Mengenal Klasifikasi Jenis Huruf. http://news.palcomtech.com/mengenal-klasifikasi-jenis-huruf-tipografi/. (Diakses tanggal 29 Mei 2021).
Prastika, R. (2011). Sejarah Berdirinya Arema FC. https://ria.wordpress.com /fcarema/sejarah-berdirinya-aremafc/. (Diakses tanggal 13 Juli 2020).
Prisma, D. (2012). Katalog Perpustakaan. https://donyprisma.wordpress.com /2012/06/30/katalog-perpustakaan/. (Diakses tanggal 27 Juni 2020).
DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v1i3.1798
Article Metrics
Abstract Views : 297 | PDF Views : 346Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Elfa Olivia Verdiana, Yogi Widya Saka Warsaa, Handry Rochmad Dwi Happy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License