Perancangan Logo dan Kemasan sebagai Identitas Visual UMKM Bandeng Presto Kresya



Nunu Nugraha(1), Muhammad Iqbal Qeis(2*), Wirawan Sukarwo(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Bandeng presto merupakan makanan yang dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Bandeng presto merupakan pengembangan proses pengolahan yang berasal dari pemindangan. Salah satu usaha yang menjual bandeng presto ini adalah UMKM Kresya yang terletak di Tangerang Selatan. Bandeng Presto Kresya ini memiliki keunggulan dari kualitas makanan yang tinggi dan rasa khas yang merupakan poin utama dari fokus penjualan di UMKM ini. Namun, UMKM bandeng presto ini mempunyai kekurangan dari segi visual di sisi logo dan kemasan. Kemasan produk hanya terbuat dari pembungkus biasa dan kertas HVS yang diberi label berupa nama produk dan gambar ikan sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas visual UMKM bandeng presto Kresya di Tangerang Selatan melalui proses branding yang terkonsep. Hasil yang dicapai adalah logo UMKM bandeng presto serta penerapan logo tersebut dalam kemasan dan media lainnya sebagai bagian dari identitas visual khas UMKM.

Keywords


Bandeng Presto; Branding; Identitas Visual; Logo; UMKM

Full Text:

PDF

References


Eva, Y. (2020). Suatu pengantar metode dan riset desain komunikasi visual DKV. Yogyakarta: Deepublish.

Kotler, P. (2007). Manajemen pemasaran (Terj). Jakarta: Indeks

Kotler, P. & Kevin, L. K. (2009). Manajemen pemasaran (Terj). edisi ke -13: Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komunikasi visual. Jakarta: ANDI

Putra, R. W. (2020). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Yogyakarta: ANDI.

Rangkuti, F. (2008). The power of brands. Jakarta: Erlangga.

Schultz, D. E. & Schultz, H. F. (2004). Sense and nonsense about branding. South Western: Thomson.

Sihombing, D. (2015). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Supriyanto. (2014). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 3(1): 1-16.

Tracey, G. (2017). Using Patterns to Boost Your Branding. [Online]. Diakses dari https://www.gilliantracey.com/blog/2017/5/17/using-brand-patterns.




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v1i2.1657

Article Metrics

Abstract Views : 794 | PDF Views : 454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nunu Nugraha, Muhammad Iqbal Qeis, Wirawan Sukarwo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View Cipta Stats