Perancangan Iklan Flife melalui Penerapan Tone Warm untuk Merealisasikan Konsep Vitalitas



Calvin Valentinus Kusdinata(1), Rista Ihwanny(2*),

(1) Universitas Multimedia Nusantara
(2) Universitas Multimedia Nusantara
(*) Corresponding Author

Abstract


Terdapat beragam cara yang dapat dilakukan untuk memasarkan sebuah produk. Salah satunya adalah dengan membuat video iklan sebagai media promosi untuk memperkenalkan produk yang ingin dijual. Proses pembuatan iklan dalam bentuk video memiliki beberapa tahapan yang perlu dilalui, seperti praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Selain cerita atau alur yang menarik, terdapat variabel lain yang tak kalah penting dalam sebuah video iklan, yaitu editing. Editing dapat mendukung jalannya cerita serta memperkuat pesan yang ingin disampaikan dalam iklan. Dalam proses editing terdapat tahapan yang disebut color grading, yang merupakan proses pewarnaan dari suatu karya video. Pemilihan warna ini cukup krusial karena menurut teori psikologi warna, suatu warna dapat memengaruhi emosi atau perasaan manusia. Dalam penelitian ini, tone warm diterapkan melalui pemilihan warna oranye dalam proses color grading, sehingga dapat menghadirkan aspek vitalitas, yang menjadi konsep penting dalam video iklan FLIFE.

Keywords


Warm Tone; Vitality; Commercial Video; FLIFE

Full Text:

PDF

References


Arundale, S., & Trieu, T. (2014). Modern post: Workflows and techniques for digital filmmakers. Focal Press.

Caverio, R. (2018). The perfect shot: photography guide: start creating sensational photographs. Independently Published.

Harutyunyan, K. (2015). Armenian folia Anglistika colour terms in advertisements. http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/advise/g3384/best-red-

Kasali, R. (2007). Membidik pasar Indonesia segmentasi, targeting, positioning. Gramedia Pustaka Utama.

McHugh, S.T. (2019). Understanding photography: master your digital camera and capture that perfect photo. No Starch Press, Inc.

Saladin, D. (2010). Manajemen Pemasaran: Ringkasan praktis, teori, aplikasi dan tanya jawab. Linda Karya.

Sumarno, M. (1996). Dasar-dasar apresiasi film. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Thompson, R., & Bowen, C. J. (2009). Grammar of the edit. Taylor & Francis.




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v1i2.1610

Article Metrics

Abstract Views : 291 | PDF Views : 438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rista Ihwanny, Calvin Valentinus Kusdinata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View Cipta Stats