(1) 1 Mahasiswa Doktoral Pascasarjana Insitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Indonesia
2 Pengajar Desain Komunikasi Visual, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia (2) Universitas Indraprasta PGRI (3) Universitas Indraprasta PGRI (*) Corresponding Author
Abstract
Snack menjadi kudapan yang tidak terpisahkan dalam pelbagai acara formal maupun infromal di Indonesia. Kemasan snack yang kemudian disebut sebagai snackbox, memiliki ciri khas sesuai identitas penyedia snack. Snackbox menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat urban. Salah satu UMKM penyedia snack dan catering yang berkembang saat ini adalah Qyu Sweet and Savoury. Produk-produk Qyu Sweet and Savoury memiliki produk andalan yang sudah teruji rasa dan ciri khasnya, yaitu Cheese & Chicken Risoles. Dua produk ini menjadi Unique Selling Position dalam brand Qyu Sweet and Savoury. Tulisan ini mendiskripsikan proses perancangan kemasan dengan menggunakan metode kualitatif, melalui pendekatan visual branding dari wilayah kemasan. Metode yang digunakan adalah metode penciptaan karya desain kemasan. Teknik pengumpulan data dalam perancangan ini melalui wawancara mendalam, studi komparasi produk, brainstroming, dan diakhiri tawaran perancangan kemasan. Hasil yang didapatkan adalah (1) key concept Qyu, yakni bersahabat dan praktis, maka desain untuk packaging dibuat sepraktis mungkin masih memberi kesan bersahabat; (2) warna yang digunakan mendekati warna-warna pastel yang sesuai dengan target marketnya; (3) pengembangan kemasan primer dan sekunder disesuaikan dengan target market yang telah dibidik oleh Qyu.
Keywords
Perancangan; Desain Kemasan; UMKM; Qyu Sweet and Savoury
Kusumasari, A. D. dan Supriyono. (2017) PENGARUH DESAIN KEMASAN PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN WARDAH EXCLUSIVE MATTE LIP CREAM (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 49 No. 2
Ritnamkam, S. (2010). Package Design Determining Young Purchasers ‘Buying Decision: A Cosmetic Packaging Case Study on Gender Distinction. Procedia - Social and Behavioral Sciences 38:373–379, DOI: 10.1016/j.sbspro.2012.03.359
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E. dan Verawati, D. M. (2019). UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan) Volume 4 Nomor 2. Universitas Tidar, Magelang
Undang-Undang (UU) Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Sekretariat Pengelola: Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2. Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071