Perancangan Desain Kemasan pada UMKM Qyu Sweet and Savoury



Angga Kusuma Dawami(1*), Laurent Zahra Assyafir(2), Zahra Nisa Auliadst(3),

(1) 1 Mahasiswa Doktoral Pascasarjana Insitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Indonesia 2 Pengajar Desain Komunikasi Visual, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Snack menjadi kudapan yang tidak terpisahkan dalam pelbagai acara formal maupun infromal di Indonesia. Kemasan snack yang kemudian disebut sebagai snackbox, memiliki ciri khas sesuai identitas penyedia snack. Snackbox menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat urban. Salah satu UMKM penyedia snack dan catering yang berkembang saat ini adalah Qyu Sweet and Savoury. Produk-produk Qyu Sweet and Savoury memiliki produk andalan yang sudah teruji rasa dan ciri khasnya, yaitu Cheese & Chicken Risoles. Dua produk ini menjadi Unique Selling Position dalam brand Qyu Sweet and Savoury. Tulisan ini mendiskripsikan proses perancangan kemasan dengan menggunakan metode kualitatif, melalui pendekatan visual branding dari wilayah kemasan. Metode yang digunakan adalah metode penciptaan karya desain kemasan. Teknik pengumpulan data dalam perancangan ini melalui wawancara mendalam, studi komparasi produk, brainstroming, dan diakhiri tawaran perancangan kemasan. Hasil yang didapatkan adalah (1) key concept Qyu, yakni bersahabat dan praktis, maka desain untuk packaging dibuat sepraktis mungkin masih memberi kesan bersahabat; (2) warna yang digunakan mendekati warna-warna pastel yang sesuai dengan target marketnya; (3) pengembangan kemasan primer dan sekunder disesuaikan dengan target market yang telah dibidik oleh Qyu.

Keywords


Perancangan; Desain Kemasan; UMKM; Qyu Sweet and Savoury

Full Text:

PDF

References


Klimchuk, M. dаn Krаsovеc, S.A. (2006). Dеsаin Kеmаsаn. Jаkаrtа: Еrlаnggа

Kotlеr, P. dаn Аrmstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pеmаsаrаn. Jilid 2. Еdisi kе 12. Jаkаrtа : Pеbеrbit Еrlаnggа

Kusumasari, A. D. dan Supriyono. (2017) PENGARUH DESAIN KEMASAN PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN WARDAH EXCLUSIVE MATTE LIP CREAM (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 49 No. 2

Muhаrаm, А, S. (2011). “Аnаlisis pеngаruh dеsаin kеmаsаn produk dаn dаyа tаrik iklаn tеrhаdаp brаnd аwаrеnеss dаn dаmpаknyа pаdа minаt bеli.” Skripsi : Fаkultаs Еkonomi Univеrsitаs Diponеgoro Sеmаrаng.

Ritnamkam, S. (2010). Package Design Determining Young Purchasers ‘Buying Decision: A Cosmetic Packaging Case Study on Gender Distinction. Procedia - Social and Behavioral Sciences 38:373–379, DOI: 10.1016/j.sbspro.2012.03.359

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E. dan Verawati, D. M. (2019). UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan) Volume 4 Nomor 2. Universitas Tidar, Magelang

Undang-Undang (UU) Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.




DOI: https://doi.org/10.30998/cpt.v1i1.1160

Article Metrics

Abstract Views : 519 | PDF Views : 375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Angga Kusuma Dawami, Laurent Zahra Assyafir, Zahra Nisa Auliadst

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View Cipta Stats