Pendampingan Usaha Mikro melalui Strategi Penetapan Harga Jual dan Legalitas Usaha Kimchi untuk meningkatkan Penjualan di Serua Ciputat Tangerang Selatan



Muzdalifa Muzdalifa(1*), Askardiya Mirza Gayatri(2), Tony Margiyanto Adhi(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha Mikro adalah sebuah usaha yang secara umum dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang kepemilikannya adalah perorangan. Oleh karenanya tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan usaha kepada warga di Serua Indah Ciputat Tangerang selatan yang sebelumnya sudah diberikan pelatihan membuat produknya. Pendampingan tim abdimas meliputi pelatiahan dalam menetapkan harga jual yang berikutnya juga diberikan pemahaman mengenai pentingnya legalitas usaha. Pelatihan ini meliputi pemahaman akan penilaian terhadap hasil produk yang efektif dan efisien. Nilai efektif yang disampaikan berhubungan dengan mutu, sedangkan efisien berhubungan dengan biaya. Target yang diharapkan oleh tim abdimas agar warga serua indah yang mengikuti pelatihan dapat memahami dan bisa diterapkan dan mengaplikasikanya

Kata Kunci: Usaha Mikro, Penetapan Harga Jual, Legalitas Usaha, Penjualan


Keywords


Usaha Mikro, Penetapan Harga Jual, Legalitas Usaha, Penjualan

Full Text:

PDF

References


Basrowi. (2014). Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia. Gayatri, A.M dan Nurranto, H. (2019). Ekonomi Kerakyatan. Koperasi dan UMKM. Edisi Revisi. Jakarta: Unindra Press Hasibuan, Malayu. (2009). Manajemen: Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/curup/id/data-publikasi/artikel/2885-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html https://smesta.kemenkopukm.go.id Jepri, Karina Amilia, Franky Purnama Wijaya. Sosialisai Penetapan Harga Jual Produk terhadap Profit UMKM di Kelurahan Karang Joang. Abdimas Universal Vol 6 No.2 2024 Hal 352-357 Kotler, P dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga. Kotler. P dan Amstrong. G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. Jakarta: Penerbit Erlangga. Rivaldhy, N Muhammad, dkk (2022). Pendampingan Keuangan, Pemasaran dan Perizininan Produk UMKM Seruni Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka Vol 5, No.2 Agustus 2022 Hal 204-209 Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset. Uno, Hamzah. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v4i1.3796

Article Metrics

Abstract Views : 41 | PDF Views : 12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter