SHARING SESSION PENGEMBANGAN WEBSITE JURNAL ILMIAH



Rendika Vhalery(1*), Eni Susilowati(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan IPTEKS dimanfaatkan secara optimal di berbagai pilar kehidupan manusia. Salah satu unsur IPTEKS yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia adalah unsur teknologi. Salah satu penggunaan teknologi yang paling banyak digunakan user saat ini di adalah teknologi website yang digunakan untuk berbagai hal, termasuk pekerjaan. Salah satu pekerjaan yang banyak menggunakan teknologi website dikalangan akademik yaitu mengelola dan mengakses website jurnal ilmiah melalui OJS (open journal system). Perkembangan jurnal ilmiah di Indonesia saat ini berkembang sangat signifikan. Namun, perkembangan yang pesat pasti memiliki tantangannya tersendiri. Tujuan akhir yang diinginkan oleh para pengelola jurnal yaitu terakreditasi sinta. Di lain sisi, banyak pengelola jurnal tidak mengetahui bagaimana cara mendapatkan akreditasi tersebut. Oleh karena itu, sharing session ini dilakukan untuk memberikan bimbingan kepada para pengelola yang belum mengetahuinya. Sharing session dilakukan secara sederhana dan personal agar mendapatkan hasil yang optimal. Indikator keberhasilan sharing session ini diukur melalui tiga hal yaitu; pengelola jurnal bisa menambahkan fitur secara mandiri, pengelola jurnal telah memiliki akun google scholar khusus jurnal yang dikelola, dan mendaftarkan jurnal yang dikelola pada indeks garuda. Hasil akhir sharing session menunjukkan bahwa indikator yang tercapai sebesar 70%.


Keywords


Sharing Session, Website, Jurnal, Pengelola Jurnal

Full Text:

PDF

References


Https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/bocil

Https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/espas

Https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/mekomda

Https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/pyschoaksara

Https://sinta.kemdikbud.go.id/journals

Setyastanto, A. M., Leksono, A. W., & Vhalery, R. (2024). Pemanfaatan Teknologi dan Keuangan pada Karyawan UD. FF Tirta Jakarta Timur. GENDIS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11-16.

Vhalery, R., Pratikto, H., & Rahayu, W. P. (2024). GAMIFIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA EKONOMI BERBASIS ANDROID. Research and Development Journal of Education, 10(1), 444-459.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i3.3248

Article Metrics

Abstract Views : 21 | PDF Views : 17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter