SOSIALISASI PENETAPAN HARGA, ATURAN DAN KEBIJAKAN HUKUMNYA BAGI UMKM



Endah Widati(1*), Zeinora Zeinora(2), Fadjriah Hapsari(3), Rizma Aulia(4), Nining NIning(5),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Pamulang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tingginya tingkat pertumbuhan UMKM disebabkan oleh berbagai faktor dan juga pengaruh perubahan pola konsumsi masyarakat. Salah satu yang merasakan perubahan adalah industri rokok, dimana saat ini tren masyarakat mulai beralih dari rokok konvensional menjadi rokok elektrik. tren ini menyebabkan terbukanya peluang masyarakat membuka usaha terkait industri rokok elektrik seperti vape store yang menjual device dan liquid serta produk pelengkap seperti kapas, coil, peralatan bongkar pasang coil dsb. tingginya minat masyarakat terhadap produk rokok elektrik ini menyebabkan banyak pula yang berusaha dibidang ini, sehingga pemerintah juga mulai memperhatikan industri rokok elektrik di Indonesia. Berbagai peraturan terkait industri ini diterapkan seperti halnya pada industri lain seperti pengenaan Bea Cukai pada produk liquid. Pada tahun 2019 akhir, sempat beredar beberapa postingan mengenai harga jual produk-produk terkait rokok elektrik di media sosial terutama pada forum komunitas baik komunitas hobi maupun jual beli yang menyebutkan beberapa pasal dalam ketetapan penentuan harga. oleh karena itu, perlu adanya pelurusan dan pemberian informasi terkait proses penentuan harga dan juga aturan serta kebijakan hukum terkait harga. Bekerja sama dengan komunitas rokok elektrik di Tangerang Selatan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman pada pelaku bisnis dibidang rokok elektrik baik individu, kelompok usaha dan pengguna pada khususnya dan pelaku UMKM pada umumnya mengenai penetapan harga, aturan dan kebijakan hukum terkait penetapan harga. adapun metode yang digunakan berupa webinar dengan target peserta 30 orang. Kegiatan ini diharapan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai praktik penentuan harga, penerapan aturan dan juga ketentuan hukum akan harga dan juga persaingan bisnis secara keseluruhan.


Keywords


Harga; Penetapan harga; Hukum; aturan

Full Text:

PDF

References


Ali, M. Y., & Kodrat, D. S. (2017). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEGAGALAN BISNIS PADA PERUSAHAAN MITRA JAYA ABADI. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 124–131. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson. liputan6.com. (2021). Jumlah Pengguna 2,2 Juta Orang, Potensi Ekonomi Rokok Elektrik Kian Menjanjikan? Retrieved April 2, 2021, from https://www.liputan6.com/bisnis/read/4463075/jumlah-pengguna-22-juta-orang-potensi-ekonomi-rokok-elektrik-kian-menjanjikan lokadata.id. (2021). Kontribusi UMKM terhadap PDB, 2010-2020. Retrieved April 1, 2021, from https://lokadata.id/data/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-2010-2020-1611277587 Santia, T. (2020). Berapa Jumlah UMKM di Indonesia? Ini Hitungannya. Retrieved April 1, 2021, from https://www.liputan6.com/bisnis/read/4346352/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia-ini-hitungannya Sunarjanto, N. A., Roida, H. Y., & Martono, C. (2018). KAJIAN MODEL KLASIFIKASI KEGAGALAN BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisni, 2(1), 120–127.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i3.3199

Article Metrics

Abstract Views : 31 | PDF Views : 28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter