PERAN ORANGTUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGHADAPI STIGMA SOSIAL
Melda Rumia Rosmery Simorangkir(1*), Edison Siregar(2), Risma Uly Manalu(3), Medyawati Pane(4), Hendro Prasetyono(5),
(1) Universitas Kristen Indonesia
(2) Universitas Kristen Indonesia
(3) Universitas Kristen Indonesia
(4) Universitas Kristen Indonesia
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keberadaan pendamping bagi anak berkebutuhan khusus memiliki makna yang berarti bagi prosesperlindungan dan tumbuh kembangnya. Dukungan dalam bentuk komitmen konstitusional negara bagi anak berkebutuhan khusus telah dijamin dalam perundang-undangan dan kelembagaan pemerintah dalam mendorong peningkatan perlindungan anak tanpa diskriminasi. Berkaitan dengan komitmen tersebut telah diterbitkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011, tentang Pengesahan Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas (Convention On The Rigths Of Persons With Disabilities) dan diterbitkanya Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 10 Tahun 2011 tentang Kebijakan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Kedua peraturan perundangan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan dan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus dalam upaya kepedulian dan menghilangkan stigma anak berekebutuhan khusus terhadap hal-hal yang negatif. PKM ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dosen-dosen UKI terhadap anak berkebutuhan khusus dan orangtuanya, pemahaman yang luas kepada masyarakat dan seluruh warga sekolahg dalam bentuk pelatihan tentang anak berkebutuhan khusus di jelaskan agar merubah stigma yang negatif terhadap anak berkebutuhan khusus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif, A., Ashraf, F., & Nusrat, A. (2021). Stress and coping strategies in parents of children with special needs. Labour, 32, 20. Diakses di https://www.researchgate.net/profile/FarzanaAshraf/publication/351096294_Stress_and_coping_strategies_in_parents_of_children_with_special_needs/links/608654d92fb9097c0c0cf179/Stress-and-coping-strategies-in-parents-of-children-with-special-needs.pdf
Home, A., Carter, I., Scarth, S., & Warren, R. (2014). Working together in special needs parenting: An innovative research dissemination project. Social Work and Social Sciences Review, 17(3), 6-19. Diakses di https://journals.whitingbirch.net/index.php/SWSSR/article/view/794
Loreman, T. J., Deppeler, J. M., & Harvey, D. H. (2010). Inclusive education. Supporting diversity in the classroom. Routledge.
Shin, J. Y., & Nhan, N. V. (2009). Predictors of parenting stress among Vietnamese mothers of young children with and without cognitive delay. Journal of Intellectual and Developmental Disability, 34(1), 17-26. Diakses di https://www.researchgate.net/profile/Jin-Shin-5/publication/24032751_Predictors_of_parenting_stress_among_Vietnamese_mothers_of_young_children_with_and_without_cognitive_delay/links/00b4952cd9aa45adb7000000/Predictors-of-parenting-stress-among-Vietnamese-mothers-of-young-children-with-and-without-cognitive-delay.pdf
Zablotsky, B., Black, L. I., Maenner, M. J., Schieve, L. A., Danielson, M. L., Bitsko, R. H., ... & Boyle, C. A. (2019). Prevalence and trends of developmental disabilities among children in the United States: 2009–2017. Pediatrics, 144(4). Diakses di https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7076808/
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i4.2321
Article Metrics
Abstract Views : 353 | PDF Views : 314Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia