PERAN ORANGTUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGHADAPI STIGMA SOSIAL



Melda Rumia Rosmery Simorangkir(1*), Edison Siregar(2), Risma Uly Manalu(3), Medyawati Pane(4), Hendro Prasetyono(5),

(1) Universitas Kristen Indonesia
(2) Universitas Kristen Indonesia
(3) Universitas Kristen Indonesia
(4) Universitas Kristen Indonesia
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Keberadaan pendamping bagi anak berkebutuhan khusus memiliki makna yang berarti bagi prosesperlindungan dan tumbuh kembangnya. Dukungan dalam bentuk komitmen konstitusional negara bagi anak berkebutuhan khusus telah dijamin dalam perundang-undangan dan kelembagaan pemerintah dalam mendorong peningkatan perlindungan anak tanpa diskriminasi. Berkaitan dengan komitmen tersebut telah diterbitkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011, tentang Pengesahan Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas (Convention On The Rigths Of Persons With Disabilities) dan diterbitkanya Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 10 Tahun 2011 tentang Kebijakan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Kedua peraturan perundangan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan dan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus dalam upaya kepedulian dan menghilangkan stigma anak berekebutuhan khusus terhadap hal-hal yang negatif. PKM ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dosen-dosen UKI terhadap anak berkebutuhan khusus dan orangtuanya, pemahaman yang luas kepada masyarakat dan seluruh warga sekolahg dalam bentuk pelatihan tentang anak berkebutuhan khusus di jelaskan agar merubah stigma yang negatif terhadap anak berkebutuhan khusus.


Keywords


Strategi Orangtua, Stigma Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Arif, A., Ashraf, F., & Nusrat, A. (2021). Stress and coping strategies in parents of children with special needs. Labour, 32, 20. Diakses di https://www.researchgate.net/profile/FarzanaAshraf/publication/351096294_Stress_and_coping_strategies_in_parents_of_children_with_special_needs/links/608654d92fb9097c0c0cf179/Stress-and-coping-strategies-in-parents-of-children-with-special-needs.pdf

Home, A., Carter, I., Scarth, S., & Warren, R. (2014). Working together in special needs parenting: An innovative research dissemination project. Social Work and Social Sciences Review, 17(3), 6-19. Diakses di https://journals.whitingbirch.net/index.php/SWSSR/article/view/794

Https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/data-sebaran-satuan-pendidikan-penyelenggara-pendidikan-inklusif-spppi-jenjang-sd

Loreman, T. J., Deppeler, J. M., & Harvey, D. H. (2010). Inclusive education. Supporting diversity in the classroom. Routledge.

Shin, J. Y., & Nhan, N. V. (2009). Predictors of parenting stress among Vietnamese mothers of young children with and without cognitive delay. Journal of Intellectual and Developmental Disability, 34(1), 17-26. Diakses di https://www.researchgate.net/profile/Jin-Shin-5/publication/24032751_Predictors_of_parenting_stress_among_Vietnamese_mothers_of_young_children_with_and_without_cognitive_delay/links/00b4952cd9aa45adb7000000/Predictors-of-parenting-stress-among-Vietnamese-mothers-of-young-children-with-and-without-cognitive-delay.pdf

Zablotsky, B., Black, L. I., Maenner, M. J., Schieve, L. A., Danielson, M. L., Bitsko, R. H., ... & Boyle, C. A. (2019). Prevalence and trends of developmental disabilities among children in the United States: 2009–2017. Pediatrics, 144(4). Diakses di https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7076808/




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i4.2321

Article Metrics

Abstract Views : 353 | PDF Views : 314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter