Signifikansi Dan Pengembangan Model Antara Ilmu Agama Dan Keahlian Professional Pada Ma’had Aly
Nana Suyana(1*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan di Ma’had Aly memiliki peran strategis dalam mencetak generasi ulama yang tidak hanya unggul dalam ilmu agama, tetapi juga memiliki keahlian profesional yang relevan dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi signifikansi integrasi antara ilmu agama dan keahlian profesional dalam kurikulum Ma’had Aly serta mengidentifikasi model pengembangan yang efektif untuk penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis, melibatkan studi literatur dan wawancara mendalam dengan pengelola Ma’had Aly, dosen, dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian kedua aspek tersebut memberikan kontribusi signifikan dalam membangun kompetensi multidimensi yang dibutuhkan oleh lulusan. Model pengembangan yang diusulkan mencakup pendekatan berbasis kolaborasi antara Ma’had Aly dan institusi profesional, kurikulum adaptif yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat, serta penguatan metode pembelajaran berbasis proyek dan praktik. Integrasi ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan Ma’had Aly yang tidak hanya menjadi ulama yang kompeten, tetapi juga memiliki keterampilan profesional yang relevan dengan dunia kerja modern, sehingga mampu memberikan kontribusi yang lebih luas bagi masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Abdillaհ, H. (2021). Implementasi Program Pengabdian Pesantren dalam Meningkatkan Kemandirian Mahasantri Ma’had Aly. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(09). https://doi.org/10.59141/japendi.v2i09.279
Amrullah, Z. (2023). Transformation of Pesantren Academic Traditions (A Study of Ma’had Aly Learning Innovations). Southeast Asian Journal of Islamic Education, 06(01).
Fahmi, Z., & Amiruddin. (2022). Konsep dan Proses Pengembangan Kurikulum Ma’had Aly Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bireuen Aceh. Jurnal At-Tarbiyah, 8(1). https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.131
Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. ResearchGate, August.
Marwiyah, S. (2021). Isu dan Analisis Kebijakan Pendidikan Masa Depan (Review dan Revitalisasi Kebijakan Pendidikan Islam di Ma’had Aly). FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1). https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.450
Musarofah, M. (2021). Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Ma’had Aly Situbondo. At-Turost : Journal of Islamic Studies, 7(2). https://doi.org/10.52491/at.v7i2.84
Musolli, N. S. H. (2023). Active Learning Dalam Meningkatkan Multiple Intelegences Di Ma’had Aly Nurul Jadid Probolinggo Dan Ma’had Aly Nurul Qornain Jember. Journal of Islamic Education, 9(2). https://doi.org/10.18860/jie.v9i2.23099
Sekolah, R., Agama, T., Ma’had Aly, I., Malang, A.-H., Cengger, J., Dlm, A., 24, N., Lowokwaru, K., Malang, K., Timur, J., Putri, H., Tinggi, S., & Islam Ma’had Aly, A. (2023). URGENSI ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (PONDOK PESANTREN). An-Nahdliyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1). https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Syahran. (2023). Teknik Data Dalam Penelitian Ilmiah Triangulasi Metode. Jurnal Teknik Data Dalam Penelitian Ilmiah Triangulasi Metode, 1(1).
Wafa, A. (2022). Kontestasi Ma’had Aly antara Kualitas dan Formalitas. MANAGIERE: Journal of Islamic Educational Management, 1(1). https://doi.org/10.35719/managiere.v1i1.1428
Zulkhairi, T., & Muzakir. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kitab Kuning Pada Ma’Had Aly Di Aceh. Mudarisuna, 10(2).
Article Metrics
Abstract Views : 6 | PDF Views : 7Refbacks
- There are currently no refbacks.
Akhlak: Journal of Education Behavior and Religious Ethics indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis