Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Hiwar Metode Al Arabiyyah Baina Yadaika
Muhammad Akrom(1), Yoseph Salmon Yusuf(2), Ahmad Mujib(3*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penerapan nilai karakter dalam setiap pembelajaran menjadi hal yang penting dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai PAI dalam pembelajaran hiwar metode Al Arabiyyah Baina Yadaika pada siswa pemula di Ma`had Utsman bin Affan Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles&Huberman yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berupa: mengucapkan salam sambil berjabatan tangan, berterima kasih, dan mendo`akan lawan bicara, menjadi suatu pembiasaan dalam keseharian siswa. Hal tersebut tumbuh dari adanya muatan-muatan materi yang terdapat dalam buku Al Arabiyyah Baina Yadaika yang kemudian berkembang melalui peran seorang guru yang memberikan motivasi secara khusus saat mengajarkan materi tersebut kepada siswa.
Full Text:
PDFReferences
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Anike H. Pongoliu. (2019). Pembinaan Karakter Siswa Dalam Membentuk Sikap 3S (Senyum Salam Dan Sapa). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(2), 201–205.
Hidayatullah, A. N., Teks, B., & Yadaik, A. B. (2023). Analisis buku al- ‘arabiyyah baina yadaik jilid i . 1, 81–87.
Khairani, A. N., & Rosyidi, M. (2022). Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6317
Mujib, A. (2024). Konsep Pendidikan Anak Perspektif Luqmanul Hakim. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 494. https://doi.org/10.30998/sap.v8i3.20970
Nugroho, A., & Pangestika, A. N. (2017). Implementasi Kegiatan Salam Pagi Dalam Rangka Menumbuhkan Karakter Komunikatif Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(2), 1–5.
Pahlefi, M. R. (2020). Analisis Buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I. Al-Ittijah:Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(2), 157–176.
Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., Amalia, G. R., Dewi, M. K., Priyatmojo, N., & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774
Soedjiwo, N. A. F. (2023). Analisis Penguatan Karakter Siswa Muslim di Sekolah Dasar Minoritas Melalui Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.61231/jie.v1i1.45
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Syafii, M. (2022). Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Kitab Al Arabiyah Baina Yadaik di Kelas 1 Salafiyah Wustho Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz. At Turots : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 98–107.
Taufiq, A., & Priyatun, I. (2022). Qismul Arab : Journal of Arabic Education ISSN : 2827-9476 Pembelajaran Bahasa adalah salah satu alat komunikasi yang digunakan oleh hampir semua umat manusia dimuka bumi ini . Dalam kehidupan sehari-hari , manusia berinteraksi satu sama lain dengan salin. 01(02), 82–94.
Uin, M., Maulana, S., Banten, H., Arab, B., Al-, K., Yadaik, A. B., Al-fauzan, I., Al-, B., Baina, A., Jilid, Y., Husain, M. A., Abdul, M., Muhammad, K., Kunci, K., & Yadaik, A. B. (2023). Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan Pembelajaran Bahasa Arab ( Uslubul Hiwar ) pada Kitab Al ‘ Arobiyah Baina Yadaik Jilid I dengan Metode Langsung. 01(02), 150–160.
Yasir, A. G. (2019). EFEKTIVITAS dan EFISIENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (StudiPembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Buku al-Arabiyah Baina Yadaika di Ma’had Abu Bakar Universitas Muhammadiyah Surakarta). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 20(1), 113. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.4767
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Akhlak: Journal of Education Behavior and Religious Ethics indexed by:





Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.