Kesulitan belajar anak pada proses pembelajaran daring (studi mixed methods di SMP Negeri 20 Bekasi)



Sofyan Abdi(1*), Dwi Endrasto Wibowo(2), Salsabila Nindya Kusuma(3),

(1) universitas islam as-syafiiyah
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar anak pada proses pembelajaran daring dan untuk mengetahui korelasi antara kesulitan belajar dan pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods, dengan desain sequential eksploratory menggunakan instrument kesulitan belajar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 9 sebanyak 352 peserta didik. Sedangkan sampel di ambil dari 25% populasi adalah 88 peserta didik. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas 9 SMP Negeri 20 Bekasi yaitu kesulitan dalam memahami materi, kesulitan dalam mengerjakan tugas serta cara mengatasi kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas 9 SMP Negeri 20 Bekasi pada proses pembelajaran daring yaitu kesulitan dalam memahami materi serta kesulitan dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan uji korelasi product moment hubungan kesulitan belajar dengan proses pembelajaran daring peserta didik kelas 9 SMP Negeri 20 Bekasi yaitu kuat dengan hasil rhitung (0,780) > rtabel (0,176 dilihat dari tabel distribusi rtabel), artinya jika kesulitan belajarnya tinggi maka tinggi pula proses pembelajaran daring yang dilakukan.

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2009). Mapping the field of mixed methods research. Journal of mixed methods research, 3(2), 95-108.

Creswell, J. W., & Tashakkori, A. (2007). Differing perspectives on mixed methods research. Journal of mixed methods research, 1(4), 303-308.

Dimyati, Mudjiono. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Gebre, Laeke. (2008). Choosing Educational Toys For Children With Learning Disability. Diakses: 2 Januari 2022. Online: http://ezinearticles.com/?ChoosingEducational-Toys-For-Children-WithLearning-Disability&id=1494929.

Gozali. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hakim, Lukmanul. (2010). Bikin Website Super Keren dengan PHP dan jQuery. Penerbit Lokomedia,Yogyakarta

Hamzah. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Putri, M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8 (1), 91-108.

Rusmawan. (2011). Motivasi Belajar Siswa SD di Kabupaten Sleman. FKIP Univesitas Sanata Dharma: Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2011, No. 2 hlm. 199-204

Rustaman, N. (2001). Menjadi guru kreatif dan inovatif. Bandung: FPMIPA UPI.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algensido. Sugihartono, dkk, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sumiati & Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima. Winkel, W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.62993

Article Metrics

Abstract Views : 267 | PDF Views : 257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sofyan Abdi,Dwi Endrasto Wibowo, Salsabila Nindya Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.