Layanan bimbingan kelompok mengatasi permasalahan adaptif remaja di lingkungan multirasial



Febianty Tatva Maharani(1*), Mamat Supriatna(2), Nadia Aulia Nadhirah(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan adaptasi pada remaja khususnya di lingkungan multirasial menjadi sebuah tantangan untuk kita dalam mencari layanan yang tepat untuk mengurangi ketidak mampuan remaja dalam beradaptasi di lingkungan yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi permasalahan adaptif remaja di lingkungan multirasial dengan menggunakan metode systematic literature review. Sumber literatur didapat melalui Google Scholar (Nasional dan Internasional) dan beberapa repository di Nasional. Hasil penelitian yang didapatkan dari berbagai literatur dijelaskan ada delapan teknik layanan bimbingan kelompok yang diterapkan oleh Konselor (Guru BK) dan satu upaya yang dilakukan oleh remaja tersebut. Delapan teknik yang digunakan, yakni bimbingan dan pendidikan multikultural, teknik cakrukan, teknik outbond, pendidikan karakter-cerdas format kelompok, mengembangkan hubungan pribadi sosial, diskusi, dan bimbingan sosial.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Multirasial, Multikultural, Adaptasi, Remaja

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Aliyustati, A. (2015). Efektivitas Teknik Diskusi dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Retrieved from http://repository.upi.edu.

Amiruddin, M. (2020). Pola Komunikasi Santri Etnis Madura Yang Mengalami Culture Shock Dalam Interaksi Sosial : Studi Kasus Pondok Pesantren Raudlatul Muhsinin Kuwolu Bululawang Malang. 04(01), 46–51.

Brunsma, D. L., Delgado, D., & Rockquemore, K. A. (2013). Liminality in the Multiracial experience: Towards a concept of identity matrix. Identities, 20(5), 481–502. https://doi.org/10.1080/1070289X.2013.827576

Cahayu, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Dengan Teman Multikultural Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik (PKC-KO) Terhadap Siswa Kelas VII SMP Kartika I-1 Medan TA 2018/2019. (Skripsi). Universitas Negeri Medan, Medan. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id.

Corey, G. (2012). Theory and Practice of Group Counseling (Eight Edition). USA: Cole, Cengage Learning.

Fahmi, N. (2017). Bimbingan Sosial untuk Mengembangkan Penyesuaian Budaya Siswa (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Retrieved from http://repository.upi.edu.

Fahmi, M. (2019). Pendidikan multikultural sebagai strategi adaptasi Pesantren Bali Bina Insani di daerah minoritas muslim Tabanan Bali (Doctoral dissertation). UIN Sunan Ampel, Surabaya. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id.

Handayani, P. G., & Yuca, V. (2018). Fenomena Culture Shock Pada Mahasiswa Perantauan Tingkat 1 Universitas Negeri Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 198–204. https://doi.org/10.29210/129000

Hayat, R. S. (2020). Intentionally structured program analysis towards positive youth development using systematic literature reviews in physical education and sports Universitas Pendidikan Indonesia.

Indul, M. Y., & Lianawati, A. (2020). Bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa Kelas X SMA Antartika Sidoarjo. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan …, 4(2), 300–305. https://doi.org/10.26539/teraputik-42435

Johnson, D., & Johnson, F. (2014). Joining Together Group Theory and Group Skills (7th edition). UK: Pearson.

Lestari, I., Rosra, M., & Utaminingsih, D. (2017). Peningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Dengan Menggunakan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(3).

Lusikooy, A. M. (2017). Penerapan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 1(1), 24–32. https://doi.org/10.30598/jbkt.v1i1.139

Mihayo, A. (2019). Cultural Shock Among African Students in Indonesia. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.34050/els-jish.v2i1.6110

Musthofiyah, U., & Isnainiyah, L. (2020). What makes Indonesian Eastern students struggle on academic performance at urban college: A grounded theory. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 5(1), 16–30. https://doi.org/10.26905/enjourme.v5i1.4311

Nurihsan. A. J., (2017). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling (Edisi Kelima). Bandung: PT Refika Aditama.

Nurmalasari, Y., & Wiwied, W. (2018). Model Bimbingan Dan Konseling Multikultural Untuk Mengatasi Permasalahan Akademik Dan Sosial Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 17. https://doi.org/10.22373/je.v4i1.3520

Pramudiana, I. D., & Setyorini, T. D. (2019). Hubungan Antara Gegar Budaya Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Papua di Magelang. Jurnal PRAXIS |, 1(2).

Pujiasih, D. (2019). Adaptasi Sosial Budaya Siswa Asal Papua (Studi pada Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah di SMA Negeri 3 Purwokerto). Jurnal Sosial Seodirman, 3(1), 1–17.

Putra, Y. P., Darmawan, A., & Rochim, A. I. (2018). Hambatan Komunikasi Pada Mahasiswa Perantauan Luar Jawa Di Kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Studi Deskriptif Tentang Komunikasi Antar Budaya Di Kalangan Mahasiswa Perantauan Dari Luar Jawa Dalam Menghadapi Culture Shock Di Universitas 17 Agust. Representamen, 4(01), 1–7. https://doi.org/10.30996/representamen.v4i01.1416

Qun, W., Syihabuddin, S., Mulyati, Y., & Damaianti, V. S. (2018). Perceiving and Dealing With Culture Shock: the Study of Chinese Indonesian-Language Students. International Journal of Education, 11(1), 18. https://doi.org/10.17509/ije.v11i1.12390

Rasyidin, W., Sadulloh, U., Suyitno, Y., dkk. (2017). Landasan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Rusmana, N. (2019). Bimbingan dan Konseling Kelompok di sekolah: Metode, Teknik, dan Aplikasi. Bandung: UPI Press.

Setiawan, I. (2021). Ekspektasi Cangkrukan Sebagai Teknik Dalam Bimbingan Kelompok Pada Siswa Di Pesantren: Ekspektasi Cangkrukan. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 5(2), 82–90.

Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintasis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar) (Systematic Review as a Research Method to Synthesize Research Results (An Introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.

Santrock. (2011). Educational Psychology (5th edition). Asia: Mc Graw-Hill Education.

Subagyo, I. (2013). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Yusuf, S. (2019). Bimbingan dan Konseling Perkembangan: Suatu Pendekatan Komprehensif (Edisi Kedua). Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.61981

Article Metrics

Abstract Views : 573 | PDF Views : 302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Febianty Tatva Maharani, Mamat Supriatna, Nadia Aulia Nadhirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.