Bimbingan kelompok dengan teknik permainan talking stick dalam meningkatkan kemampuan berpendapat siswa
Aiza Uzlifatul Jannah(1*), Aniek Wirastania(2),
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesia)References
Anggraini, A. N., & Fitrawati. (2016). Teaching Speaking By Using Talking Stick Technique for Senior High School Students. Journal of English Language Teaching, 5(1), 72–79. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt
Elfira, N. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Konselor, 2(1), 279–282. https://doi.org/10.24036/0201321728-0-00
Nurhafiza, & Nawing, H. K. (2021). Students Ability To Speak An Opinion In The Application Of The Discussion Method In Students of PPKn FKIP Tadulako University. Jurnal Edu Civic P-ISSN:, 9(2), 87–100.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111
Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). No Title. Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya Terhadap Self-Esteem Siswa. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling, 301–310.
Siregar, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Menggunakan Model Time Token Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. In FKIP Universitas Jambi (pp. 1–13). https://repository.unja.ac.id/3771/
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta.
Wahyuni, S., Kundera, I. N., & Gagaramusu, Y. (2013). Penerapan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN 2 Posona. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(1), 64–76.
Wardana, L. W. (2016). Paper Airplane and Talking Stick Learning Methods To Increase Students Understanding About Management Information System Courses. IOSR J, 18(9), 164–169.
Wulandari, V. (2019). Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Partisipan Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Saat Mengemukakan Pendapat Pada Kelas XI IPS 3 DI SMAN 2 Karangan. Bk Unesa, 9(2), 14–27.
Yunan, M. I. (2016). Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 40 Surabaya. Jurnal BK Unesa.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.61960
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aiza Uzlifatul Jannah, Aniek Wirastania

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |