Bimbingan kelompok dengan teknik permainan talking stick dalam meningkatkan kemampuan berpendapat siswa



Aiza Uzlifatul Jannah(1*), Aniek Wirastania(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya kemampuan berpendapat murid pada kelas VII SMP Negeri 12 Surabaya menyebabkan kesulitan dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian memiliki tujuan mengukur efektivitas bimbingan kelompok teknik permainan talking stick dalam meningkatkan kemampuan berpendapat. Teknik permainan ini dapat membantu siswa mengingat apa yang telah mereka pelajari dan menguji kemampuan yang telah diterima pada saat pembelajaran. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian One Group Pre-test Post-Test Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian menggunakan angket kemampuan berpendapat. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa yang memiliki kemampuan berpendapat rendah. Penelitian ini menggunakan analisis data melalui Uji Wilcoxon yang merupakan analisis non-parametri k dengan bantuan SPSS for Windows 26.0. Hasil interpretasi data dalam Uji Wilcoxon yang diperolah bahwa hipotesis alternatif diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa “Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Talking Stick Dikatakan Efektif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpendapat siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Surabaya

Keywords


Bimbingan Kelompok, Talking Stick, Berpendapat

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Anggraini, A. N., & Fitrawati. (2016). Teaching Speaking By Using Talking Stick Technique for Senior High School Students. Journal of English Language Teaching, 5(1), 72–79. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt

Elfira, N. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Konselor, 2(1), 279–282. https://doi.org/10.24036/0201321728-0-00

Nurhafiza, & Nawing, H. K. (2021). Students Ability To Speak An Opinion In The Application Of The Discussion Method In Students of PPKn FKIP Tadulako University. Jurnal Edu Civic P-ISSN:, 9(2), 87–100.

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). No Title. Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya Terhadap Self-Esteem Siswa. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling, 301–310.

Siregar, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Menggunakan Model Time Token Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. In FKIP Universitas Jambi (pp. 1–13). https://repository.unja.ac.id/3771/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Wahyuni, S., Kundera, I. N., & Gagaramusu, Y. (2013). Penerapan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN 2 Posona. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(1), 64–76.

Wardana, L. W. (2016). Paper Airplane and Talking Stick Learning Methods To Increase Students Understanding About Management Information System Courses. IOSR J, 18(9), 164–169.

Wulandari, V. (2019). Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Partisipan Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Saat Mengemukakan Pendapat Pada Kelas XI IPS 3 DI SMAN 2 Karangan. Bk Unesa, 9(2), 14–27.

Yunan, M. I. (2016). Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 40 Surabaya. Jurnal BK Unesa.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.61960

Article Metrics

Abstract Views : 443 | PDF Views : 247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aiza Uzlifatul Jannah, Aniek Wirastania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.