Strategi Restructuring Kognitif Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa



Lailatul Maghfirah(1*),

(1) Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Self effcacy memiliki peranan penting dalam pencapaian prestasi akademik maupun non kademik, karena tanpa self eficacy yang tinggi siswa tidak dapat berprestasi secara optimal. Siswa yang memiliki Self eficacy tinggi akan memperlihatkan prestasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki Self eficacy rendah. Maka dari itu peserta didik yang memiliki self eficacy rendah, diperlukan adanya strategi restructuring kognitive dalam konseling kelompok dengan pemberian layanan tersebut agar siswa dapat meningkatkan self eficacy siswa untuk meyakini kemampuan yang dimiliki. Design penelitian yang digunakan adalah penelitian Pra-Eksperimental dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 22 Surabaya yang berjumlah 38 siswa, dari populasi itu diambil sampel penelitian 5 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling untuk mengambil satu kelas yaitu kelas VIIIB. pemilihan sampel ini dipilih berdasarkan hasil skor self efficacy diri yang rendah melalui pengisian skala pengukuran self efficacy diri siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala pengukuran yang telah dilakukan uji validitas butir dan reabilitas alpha cronbach’s. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik non parametrik dengan teknik uji wilcoxon pada SPSS for Windows versi 23.0. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan strategi restrukturing kognitif dalam konseling kelompok terhadap self efficacy diri siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Surabaya. Implikasinya bagi guru bimbingan dan konseling membantu siswa mengatasi masalah self efficacy diri, salah satunya yaitu layanan konseling kelompok dengan pendekatan strategi restructuring cognitive. Strategi restructuring cognitive dapat digunakan untuk membantu manusia berfikir rasional


Keywords


Restrukturing Kognitif, Konseling Kelompok, Self Efficacy

Full Text:

PDF

References


Anifah, Mufidatin. 2015. Implementasi Teknik Cognitive Restructuring dalam Menangani Konsep Diri Rendah pada Siswa X SMP Negeri 1 Ujungpangkah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Damayanti, Rika., Nurjanah, Puti. 2016. Pengaruh Konseling Kelompok Kognitif Perilaku dengan teknik Restructurisasi Kognitif terhadap Harga Diri Peserta Didik Kelas VIII MTS N 2 Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 3 (2). http://ejournal.radenintan.ac.id.index.php.konseli. Diunduh 15 Agustus pukul 05.11

Ghufron, dan Rini Risnawati.2009.Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta:Ar-ruzz Media.

Mudhar & Muwakhidah. 2017. Asesment Psikologi Teknik Non Tes. Surabaya: Adibuana University Press.

Putro, Zarkasih Khamim. 2017. “Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja”, online: ejournal.uinsuka.ac.id/pusat/aplakasi. Diunduh tanggal 15 agustus 2018 pukul 22.00.

Putro, Zarkasih Khamim.2017. “Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja”, online: ejournal.uin- suka.ac.id/pusat/aplakasi. Diunduh tanggal 15 agustus 2018 pukul 22.00.

Soedarmaji, Boy & Lianawati, Ayong. 2014. Strategi penanganan masalah dalam praktik konseling. Surabaya: Adi Buana Universitas Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung

Sulistiya, Elis dkk. 2017. Dampak Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy CBT Teknik Cognitive Restructuring untuk meningkatkan body image. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol.6 (2):135-140. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/jubk , diunduh 15 agustus 2018 pukul 11.30.

Suryabrata, Sumadi.2014. Metode Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo persada.

Wirastania, aniek.2012. Program Bimbingan Melalui Permainan Kreasi Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu.

Yusuf, febriana.2018.” Uji Validitas dan Reabilitas Instrument Penelitian Kuantitatif”. Dalam Jurnal ilmiah pendidikan. Vol.7 (1): (17-23)




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.53877

Article Metrics

Abstract Views : 327 | PDF Views : 232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lailatul Maghfirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.