Problematika Bimbingan dan Konseling Bidang Karir Siswa SMK: A Systematic Literature Review (SLR)



Tasya Hamidah(1*), Octavia Firdausi Putri(2), Tofik Kurniawan(3), Evi Intan Puspitasari(4), Khusnul Khotimah(5), Citra Tectona Suryawati(6),

(1) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(2) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(3) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(4) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(5) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(6) Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Problematika karir siswa SMK terjadi karena adanya hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa SMK yang mengakibatkan kurang optimalnya siswa mempersiapkan karir di masa depan. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui problematika yang dialami oleh siswa SMK di bidang karir dengan menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Sumber literatur didapat dari database Google Scholar dalam jurnal di Indonesia pada tahun 2016-2021. Hasil penelitian ini, terdapat problematika karir yang dominan dialami siswa SMK antara lain, (1) perencanaan karir; (2) keputusan karir; (3) pemilihan karir; (4) kematangan karir yang rendah. Terdapat beberapa strategi dari program bimbingan dan konseling yang berjalan efektif untuk menangani problematika yang tersebut, , antara lain: (1) layanan informasi karir dengan media interaktif inovatif; (2) bimbingan kelompok dengan teknik modelling, group discussion, expressive writing dan bimbingan kelompok berbasis life skills; (3) layanan konseling dengan teknik konseling singkat berfokus solusi; (4) Pengembangan aplikasi “Kawan SMK”


Keywords


Bimbingan dan Konseling, Problematika Karir, Siswa SMK

Full Text:

PDF

References


Aminuddin, D., & Mulyadi, M. (2020). Efektivitas Layanan Informasi Karir dalam Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 52–62.

Elvina, N. (2021). Efektivitas Teknik Group Discussion Melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII C Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling. 4(1).

Gustini, H. L., Rahman, E., Nurdin, A., Rosidah, A., & Rahman, R. F. (2021). Efektivitas Teknik Expressive Writing untuk Merencanakan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 3(1).

Hayuanti, R. (2019). Analisis Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 3(2), 63–71.

Indrayati, A. S. (2018). Penerapan Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Bodi Otomotif Di Smkn 2 Payakumbuh. Jurnal Ilmiah P2m Stkip Siliwangi, 5(2), 100–105.

Istia’dah, F. N. L., Imaddudin, A., Arumsari, C., Nugraha, A., Sulistiana, D., & Sugiana, G. (2018). Program Bimbingan Karir pada Siswa Kelas XII SMK Assaabiq Singaparna. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31–40.

Iswara, B., Prasetyani, A., & Sauda, S. (2021). Analisis Keefektifan Layanan Bimbingan Karir Di Smk Berdasarkan Keberhasilan Karir Lulusan. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 10(1), 1–7.

Khasanah, E., Purwanto, E., & Tadjri, I. (2017). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Life Skills Dalam Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 141–146.

Korohama, K. E. P., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2017). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 68–76.

Kusumawati, E. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Melalui Konseling Kelompok Terhadap Kematangan Vokasional Pada Siswa Kelas XII SMK Warga Surakarta. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 4(1).

Mutmainah, N., & Arumsari, C. (2020). Efektivitas Layanan Informasi Karier Menggunakan Teori Donald. E. Super untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa. 4(3), 114–125.

Nanda, W., Saputra, E., & Widiasari, S. (2017). Konseling Karir Ringkas Berfokus Solusi: Konseling Karir Untuk Membantu Menetapkan Pilihan Karir Siswa Smk Menghadapi Mea. Jurnal Fokus Konseling, 3(1), 24–31.

Pujiastuti, E. S., Fitri, S., & Hidayat, D. R. (2020). Pengembangan Program Bimbingan Dan Konseling Karir Sekolah Menengah Kejuruan Model Employability Skill. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1), 8–17.

Puspitasari, W., & Nilandiny, R. (2016). Membangun Aplikasi Perencanaan Karir Online Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Pada Smk X). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 3(2), 9–17.

Putranti, D. (2018). Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Teaching Factory. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 42–47.

Putri, R. D. (2017). Peningkatan Arah Perencanaan Karir Siswa Melalui Layanan Informasi. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(3).

Putro, H. E., & Japar, M. (2021). Penerapan Layanan Informasi Karir Berbasis Media Interaktif Inovatif (MII) Terhadap Keputusan Perencanaan Karir Siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(2), 58–65.

Qurotul A’yun, R. A. (2018). Perbedaan Tingkat Stres Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar dengan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar. Perbedaan Tingkat Stres Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dengan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar, Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik.

Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karier Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier. Pustaka Pelajar.

Santrock, J. W. (2011). Lifespan Development (5th ed.). Erlangga.

Sumaryono, S., Hestiningrum, E., & Pribadi, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Pemilihan Karir Melalui Diskusi Tutor Sebaya Kelas Xii Tbsm 1 Smk Pgri 1 Taman Pemalang.

Tumiyem, T., Syahrina, S., Umara, Y., & Syahputra, B. A. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Layanan Informasi dengan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Arah Perencanaan Karier Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2159–2167.

Yusuf, S. L. N. (2006). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. PT Remaja Rosdakarya.

Zakiyyah, Q., Abas, A., Anwar, R., Pahdeli, N., & Hati, I. P. (2021). Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Perencanaan Karir Pada Smk Muhammdiyah Parung Kabupaten Bogor. Jurnal Padma: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.53852

Article Metrics

Abstract Views : 1657 | PDF Views : 908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tasya Hamidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.