Kontribusi harga diri dan motivasi berprestasi terhadap perbandingan sosial pada siswa pengguna media sosial



Adelia Monica Sari(1*), Mulawarman Mulawarman(2),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilandasi fenomena sosial yang terjadi dimana-mana, hampir setiap individu pernah melakukan perbandingan sosial dan salah satu tempat terjadinya perbandingan sosial adalah lingkungan sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kontribusi antara harga diri dan motivasi berprestasi dengan perbandingan sosial pada siswa SMAN pengguna Instagram di Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Populasi penelitian merupakan siswa SMAN di Kecamatan Kembangan Jakarta Barat berjumlah 2460 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling sehingga didapatkan sampel berjumlah 304 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara harga diri dengan perbandingan sosial ( β = 0,240, p = 0,000), (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan perbandingan sosial (β = 0,105, p = 0,000), (3) terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dan motivasi berprestasi dengan perbandingan sosial (R = 0,521, F = 56,005, dan p = 0,000).

Keywords


harga diri, motivasi berprestasi, perbandingan sosial

Full Text:

PDF

References


Alfasi, Y. (2019). The grass is always greener on my Friends’ profiles: The effect of Facebook social comparison on state self-esteem and depression. Personality and Individual Differences, 147, 111–117. https://doi.org/10.1016/j.paid.2019.04.032

Ananta, M. F., & Prasetyawati, W. (2016). Hubungan antara Social Comparison dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa di Indonesia. http://152.118.24.168/detail?id=20429597&lokasi=lokal

Anggraeni, A., Sugiarti, A. M., & Christia, M. (2010). Gambaran Self Esteem pada Pelaku Residivisme : Studi pada Residivis di Lembaga Pemasyarakatan KTAS 1 Cipinang. Indigeneous Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(2), 115–125. https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4750

Appel, H., Crusius, J., & Gerlach, A. L. (2015). Social comparison, envy, and depression on facebook: A study looking at the effects of high comparison standards on depressed individuals. Journal of Social and Clinical Psychology, 34(4), 277–289. https://doi.org/10.1521/jscp.2015.34.4.277

Bergagna, E., & Tartaglia, S. (2018). Self-esteem, social comparison, and facebook use. Europe’s Journal of Psychology, 14(4), 831–845. https://doi.org/10.5964/ejop.v14i4.1592

Bos, A. E. R., Muris, P., Mulkens, S., & Schaalma, H. P. (2006). Changing self-esteem in children and adolescents: a roadmap for future interventions. Netherlands Journal of Psychology, 62(1), 26–33. https://doi.org/10.1007/bf03061048

Buunk, A. P., & Gibbons, F. X. (2005). Social comparison orientation: A new perspective on those who do and those who don’t compare with others. Social Comparison and Social Psychology: Understanding Cognition, Intergroup Relations, and Culture, 15–32. https://doi.org/10.1017/CBO9780511584329.003

Corcoran, K., Crusius, J., & Mussweiler, T. (2011). Social Comparison: Motives, Standards, and Mechanisms. Theories in Social Psychology, 119–139.

Dijkstra, P., Kuyper, H., Van Der Werf, G., Buunk, A. P., & Van Der Zee, Y. G. (2008). Social comparison in the classroom: A Review. Review of Educational Research, 78(4), 828–879. https://doi.org/10.3102/0034654308321210

Diskominfotik, P. P. S. (2019). Survei penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi di DKI Jakarta. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589

Fakhri, N. (2017). Konsep Dasar dan Implikasi Teori Perbandingan Sosial. Journal of Biblical Perspectives in Leadership, 3(1). https://doi.org/10.26858/talenta.v3i1.13066

Fauziah, S., Hacantya, B. B., Paramita, A. W., & Saliha, W. M. (2020). Kontribusi Penggunaan Media Sosial Dalam Perbandingan Sosial Pada Anak-Anak Akhir. Psycho Idea, 18(2), 91. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.7145

Fazriyati, W. (2013). Perilaku di Facebook Cermin Masalah Penerimaan Diri. Kompas.Com. https://health.kompas.com/read/2013/09/18/1625487/Perilaku.di.Facebook.Cermin.Masalah.Penerimaan.Diri.

Febrianthi, A. N. A., & Supriyadi. (2020). Apakah Perbandingan Sosial Dalam Menggunakan Instagram Berperan Terhadap Kebahagian Remaja ? Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(2), 126–137. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i2.24605

Febriyani, R., Darsono, & Sudarmanto, R. G. (2014). Model Interaksi Sosial Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Nilai Kepribadian Siswa. Jurnal Studi Sosial, 2(2), 1–14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/5302/3316

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25 (9th ed). Semarang : Universitas Diponegoro.

Hadyan, R. (2021). Ini Perbedaan Antara Milenial dan Gen Z Saat Menggunakan Sosial Media. Lifestyle.Bisnis.Com. https://lifestyle.bisnis.com/read/20210210/220/1354914/ini-perbedaan-antara-milenial-dan-gen-z-saat-menggunakan-sosial-media

Hanus, M. D., & Fox, J. (2015). Assessing the effects of gamification in the classroom: A longitudinal study on intrinsic motivation, social comparison, satisfaction, effort, and academic performance. Computers and Education, 80, 152–161. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.08.019

Hasanati, U., & Aviani, Y. I. (2020). Hubungan Social Comparison dengan Self-Esteem pada Pengguna Instagram. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2391–2399. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.721

Hermawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 65–69. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.924

Huguet, P., Dumas, F., Monteil, J. M., & Genestoux, N. (2001). Social comparison choices in the classroom: Further evidence for students’ upward comparison tendency and its beneficial impact on performance. European Journal of Social Psychology, 31(5), 557–578. https://doi.org/10.1002/ejsp.81

Lang, J. W. B., & Fries, S. (2006). A revised 10-item version of the achievement motives scale: Psychometric properties in German-speaking samples. European Journal of Psychological Assessment, 22(3), 216–224. https://doi.org/10.1027/1015-5759.22.3.216

Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151–160. https://doi.org/10.22441/jvk.v16i1.1649

Meidina, V. S. (2016). Hubungan Antara Social Comparison dengan Self Esteem dan Gratitude pada Remaja Pengguna Instagram di Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Prabadewi, K. D. L., & Widiasavitri, P. N. (2014). Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja Awal yang Tinggal di Panti Asuhan di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 261–270. https://doi.org/10.24843/jpu.2014.v01.i02.p05

Rizkyta, D. P., & Fardana, N. A. (2017). Hubungan Antara Persepsi Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dan Kematangan Emosi Pada Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 6(2), 1–13.

Susanti, S. (2019). Pengaruh Self Esteem, Self Uncertainty, Dukungan Sosial, dan Intensitas Penggunaan Instagram Terhadap Perbandingan Sosial pada Pengguna Instagram. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Syachfira, N., & Nawangsih, E. (2020). Hubungan social comparison dan self-esteem pada mahasiswa pengguna instagram. Prosiding Psikologi, 6(2), 554–559. https://doi.org/10.29313/.v6i2.23136

Tafarodi, R. W., & Swann, W. B. (2001). Two-dimensional self-esteem: Theory and measurement. Personality and Individual Differences, 31(5), 653–673. https://doi.org/10.1016/S0191-8869(00)00169-0

Thorifah, Sri Bintang Anshar Alim, Budiyanto, E. D. (2020). Peran Konselor dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.31960/ ijolec.v3i1.473

Wheeler, L., & Miyake, K. (1992). Social Comparison in Everyday Life. Journal of Personality, 62(5), 760–773. https://doi.org/10.1037/0022-3514.62.5.760




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.52732

Article Metrics

Abstract Views : 89 | PDF Views : 84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Adelia Monica Sari, Mulawarman Mulawarman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.