Efektivitas layanan bimbingan kelompok melalui sinema edukasi untuk menurunkan perilaku bullying peserta didik
Khairunnisa Khairunnisa(1*), Alya Nurmaya(2), Suwandi Santoso Purnamasari(3),
(1) STKIP Bima
(2) STKIP Bima
(3) STKIP Bima
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Professional Konselor Dan Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Departemen Pendidikan Nasional: CV. Pustaka Nusa Tenggara.
Febriani. (2013). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pelanggaran Tata Tertib Di Sekolah SMP Negeri 30 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Medan: Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMED.
Kamaludin Reza Sauqi. (2015). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Film dan Meningkatkan Self Esteem Anak di Yayasan Sentara Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Meiske Puluhulawa, Moh. Rizki Djibran, Mohamad Rizal Pautina. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Dan Pengaruhnya Terhadap Self-Esteem Siswa. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/viewFile/1410/734.
Muchlisin Riad, “Pengertian, unsur,jenis, ciri-ciri dan skenario bullying”. 11 Januari 2018. https://.kajianpustaka.com/2018/01pengertian-unsur-jenis-ciri-ciri-dan-skenario-bullying.html#:
Nur Hidayah. (2014). Keefektifan Teknik Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa MTs Negeri Malang I. Universitas Negeri Malang. Jurnal pendidikan dan pembelajaran. (2): 21. 171.
Rifdha. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pengelompokan Sosial Pada Siswa Smp Pab 2 Helvetia. Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Reni Nurbaiti. (2019). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Penggunaan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Rasa Empati pada Pelaku Bullying di Smp Negeri 4 Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Selvya Yuliandita. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix di Smp N 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016 . Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2004). Statistic Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supriati. (2013). Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Tehnik Role Playing untuk Mengurangi Prilaku Agresif pada Peserta Didik di Kelas Viii Smp Binneka Karya Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Tutus Duwi Ulan Yuni. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. FKIP - Bimbingan dan Konseling. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.01.0277.pdf.DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.52720
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Khairunnisa - KHAIRUNNISA, Alya Nurmaya, Suwandi Santoso Purnamasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |