Analisis karier tentang pengembangan profesi bagi guru jenjang pendidikan anak usia dini



Yusuf Maulana Prawata(1*), Lara Fridani(2), Happy Karlina Marjo(3),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan profesi guru pada jenjang anak usia dini melalui aspek teori perkembangan karier Super pada fase establishment. Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah fenomena bahwa guru pada jenjang pendidikan anak usia dini belum sepenuhnya memenuhi kualifikasi guru profesional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan data melalui wawancara tidak terstruktur dan Focus Group Disscusion. Penelitian  diikuti oleh tujuh orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan memulai profesi sebagai guru dengan pendidikan yang belum menunjang. kesimpulan dari penelitian adalah dengan berbagai keterbatasan, namun guru anak usia dini tetap komitmen berkarier sebagai guru dan berupaya mengembangkan kariernya. Dunia pendidikan anak adalah pembelajaran terbaik bagi para guru, kebahagiaan menyaksikan perkembangan anak dan mendapatkan pengalaman pekerjaan dapat menepikan persoalan salary.

Keywords


Karier, Perkembangan, Profesi, Guru PAUD

Full Text:

PDF

References


Aljurf, Saladin. Linzi J. Kemp & Paul Williams. (2019). Exploring academic dishonesty in the Middle East: a qualitative analysis of students’ perceptions. Studies in Higher Education, 45:7, 1461-1473.

Baedowi, Ahmad. (2015). Potret pendidikan kita. Jakarta : Pustaka Alvabet.

Chin, Wen Chien. (2020). A case study of the use of the Six Thinking Hats to enhance the reflective practice of student teachers in Taiwan. International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education. Education 3-13.

Dikilitas, Kenan. Mumford, Simon E. (2020). Preschool English teachers gaining bilingual competencies in a monolingual context. El Sevier journal 0346-251X.

Hamalik, Oemar. (2006). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara.

Hidayatullah, Afif. 2020. Guru Sugestif?. Jogjakarta : Pancaksara Publisher.

Husien, Latifah.(2017). Profesi keguruan. menjadi guru profesional. Jogjakarta : Pustaka Baru Press.

Ita, Efrida (2020) Pengembangan profesionalitas guru pendidikan anak usia dini (studi pada taman kanak-kanak Ade Irma Mataloko Kabupaten Ngada). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil Volume 07, Nomor 01 Tahun 2020.

Jin, Meilan. Moran, Marry Jane. (2020). Chinese and US Preschool Teachers’ Beliefs About Children’s Cooperative Problem‑Solving During Play. Early Childhood Education Journal.

Musfah, Jeje. (2012). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Jakarta : Prenada Media Group.

Nurfuadi. (2012). Profesionalisme guru. Purwokerta : STAIN Press.

Omdal, Heidi. (2017). Creating teacher capacity in Early Childhood Education and Care institutions implementing an authoritative adult style. J Educ Change (2018) 19:103–129.

Priatna, Nanang. Sukamto, Tito. 2013 . Pengembangan profesi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Saud, Udin Syaefudin. (2013). Pengembangan profesi guru. Bandung : Alfabeta.

Soetjipto, Kosasi, Raflis. (2011). Profesi keguruan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiono. (2009). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2011). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim PGRI. (2014) . Pendidikan untuk transformasi bangsa. Jakarta : Kompas Media Nusantara.

Wahyudi, Imam. (2012). Mengejar profesionalisme guru. Strategi praktis mewujudkan citra guru profesional. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51672

Article Metrics

Abstract Views : 765 | PDF Views : 353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yusuf Maulana Prawata, Lara Fridani, & Happy Karlina Marjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.