Analisa pentingnya perilaku disiplin dalam kegiatan pembelajaran dan implikasinya terhadap layanan bimbingan & konseling



Nur Hermatasiyah(1*), Happy Karlina Marjo(2), Herdi Herdi(3),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penulisan artikel bertujuan untuk menyajikan pentingnya perilaku disiplin dalam kegiatan pembelajaran. Metode dalam artikel ini adalah metode kepustakaan dengan pengumpulan information melalui telaah dan/atau eksplorasi beberapa jurnal, buku, serta sumber-sumber information yang terkait dengan artikel. Dalam kegiatan pembelajaran, disiplin penting untuk peserta didik membangun karakter positif. Pembangunan karakter sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu kepribadian yang bertanggung jawab. Pelanggaran perilaku disiplin peserta didik bisanya dipengaruhi oleh dua faktor, baik faktor eksternal maupun faktor internal peserta didik. Peserta didik biasanya akan merasa bersalah setelah mendapatkan sanksi dari pihak sekolah dan akan menjadi catatan pelanggaran bagi peserta didik tersebut dan akan berdampak pada pembelajaran.

Keywords


Perilaku Disiplin Belajar, Bimbingan Konseling

Full Text:

PDF

References


Ajowi,J , O. 2010. The Role Of Guidance And Counseling Promotlng Students Discipline In Secondary School In Kenya : A case Study Of Klsumu District. Educational Resarch And Revisews Vol. 5 (5), pp. 263-272.

Evianingsih, S. 2015. Peningkatan disiplin Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Pesan Berantai. Penelitian Bimbingan Dan Konseling Vol. 1, No. 2.

Fiana, dan Daharnis. 2013. Disiplin Sisiwa Di sekolah Dan Impliasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling Vol. 2, No 23.

Hadianti, L, S. 2008. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap disiplin Belajar Siswa. Jurnal Universitas Garut Vol. 02; No. 01.

Hurlock, E. B. (2016). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kardi, dan Yohni Alimin P. 2011. Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Dagangan Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2010/2011. Madiun. IKIP PGRI

Rusmiatiwi, Ria. 2018. Studi Kasus Kedisiplinan Belajar Siswa SDIT LHI Yang Menerapkan Model Pembelajarn Problem Based Learning. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. 7 Nomor 3.

Tu'u, T. (2017). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi SIswa. Jakarta: PT Grasindo.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51667

Article Metrics

Abstract Views : 740 | PDF Views : 1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Hermatasiyah, Happy Karlina Marjo, & Herdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.